Peringati HUT RI ke-77, DPC PDI Perjuangan Jember Gelar Turnamen Sepak Bola Plastik Terbesar di Indonesia

Foto Ilustrasi

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Jember, Jawa Timur, siap menyambut pelaksanaan hari kemerdekaan RI ke-77 dengan meriah. DPC PDIP menggelar turnamen sepak bola plastik terbesar di Indonesia.

 Ketua DPC PDIP Jember, Arief Wibowo, hadir dan membuka secara resmi turnamen sepak bola plastik itu di lapangan sepak bola Kecamatan Panti, Jember pada Minggu (7/8/2022) lalu. Turnamen ini akan diikuti 292 tim dan 3.504 orang pemain dengan memperebutkan trofi Piala Ketua DPC PDIP Jember.

Selain itu, hadiah yang disediakan sangat menggiurkan, yakni empat unit sepeda motor matic dan puluhan kambing.

 Ketua panitia turnamen, M. Ali Khoiron, berharap ribuan peserta yang ikut bisa dicatat Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena PDIP jember sudah menggelar sepak bola pastik dengan jumlah pemain terbanyak.

“Kami yakini turnamen ini diikuti pemain dengan jumlah terbanyak di Indonesia. Kami berharap Museum Rekor Indonesia (Muri) mau mencatat, bahwa PDI Perjuangan telah menggelar sepak bola pastik dengan jumlah pemain terbanyak,” kata Khoiron, Rabu (10/08/2022)

 Adanya turnamen sepak bola pastik ini bisa menjadi hiburan masyarakat dan bisa menimbulkan dampak ekonomi yang baik.

  “Event tujuannya sama-sama menghibur masyarakat. Dan tak kalah serunya dengan JFC. Apalagi, penilaian panitia tidak hanya terfokus pada sepak bola saja, supporter terbaik, kostum terunik, dan yel yel tim terbaik juga menjadi bahan penilaian. Untuk item lain di luar turnamen hadiahnya juga menggiurkan. Uang jutaan rupiah untuk pemenang,” ujarnya.

 Biasanya saat pertandingan akan banyak orang jualan sehingga ekonomi juga ikut terdampak," tambah dia.

 Turnamen ini rencananya akan digelar sepanjang Agustus 2022. Namun Khoiron belum bisa memastikan jadwal pertandingan final.

 “Kebetulan semua lapangan yang kami pakai ada yang dipakai kegiatan lain seperti karnaval, jadi ada jeda libur, sehingga belum kami tentukan jadwal finalnya. Cuma setelah 32 Besar, panitia akan menggelar di satu titik pertandingan di kota,” katanya.

 Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti kegiatan ini salah satunya adalah pemain dibatasi berusia 17 hingga 45 tahun dan satu tim terdiri atas 7 pemain.

 Khoirun menuturkan pertandingan dalam turnamen ini menggunakan sistem gugur dan digelar di 15 lapangan di enam daerah pemilihan Kabupaten Jember.

 "Masing-masing babak berdurasi 15 menit. Durasi ini diperpanjang menjadi dua kali 20 menit saat pertandingan memasuki Babak 32 Besar," pungkas dia.

 Ketua panitia itu juga menambahkan bahwa masyarakat bisa menonton tanpa dipungut biaya apapun. jmb