Peringati Tahun Baru Islam, Bupati Ajak Manfaatkan Sisa Kesempatan untuk Kebaikan

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menghadiri agenda Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah / 2022 yang diadakan Kecamatan Kemlagi. Dalam agenda yang berlangsung di Pendopo Kecamatan Kemlagi, Minggu (7/8) pagi ini, Bupati Ikfina pun menyampaikan pesan-pesan yang bisa dipetik dari kegiatan ini. 

Bupati Ikfina menyampaikan, momen tahun baru ini adalah momen yang menjadi salah satu pengingat kepada manusia. Yakni, semakin berkurangnya kesempatan dalam kehidupan manusia di dunia. "Makna memperingati tahun baru ini, berarti waktu kita mulai berkurang, artinya bahwa kesempatan yang kita miliki terbatas, tidak akan kita miliki selama," ungkapnya. 

Dengan memaknainya semacam itu, orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto ini pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan yang tersisa ini untuk berbuat baik. "Kalau tahun sudah berganti maka kesempatan kita berkurang. Kesempatan yang ada ini, yang tersisa ini, mari kita manfaatkan sebaik-baiknya, untuk berbuat baik," tambahnya. 

Mengingat kegiatan ini diikuti seluruh kepala desa se-Kecamatan Kemlagi, seluruh perwakilan organisasi masyarakat dan lembaga-lembaga se-Kecamatan Kemlagi yang merupakan para tokoh di Kecamatan Kemlagi, lanjut Ikfina kebaikan-kebaikan yang diperbuat agar menjadi manfaat dan membawa masyarakat Kabupaten Mojokerto lebih baik dan sejahtera. 

"Yang hadir di sini adalah sebagai tokoh masyarakat, kesempatan yang tersisa silahkan dimanfaatkan dengan baik untuk berbuat kebaikan. Mari kita manfaatkan kesempatan ini, sebaik-baiknya. Semoga bisa membawa masyarakat yang lebih baik dan sejahtera," harapnya. 

Dalam kesempatan ini, Bupati Ikfina juga menyampaikan secara langsung santunan kepada anak yatim yang masuk dalam rangkaian acara Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah kali ini. 

Sementara itu, Camat Kemlagi, Tri Cahyo Harianto mengungkapkan terima kasih kepada Bupati Mojokerto lantaran telah menyempatkan waktunya untuk bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Kemlagi. "Mewakili masyarakat Kemlagi, terima kasih ibu, atas kedatangan ibu bupati, meski hari ini hari Minggu dan agenda ibu juga banyak, tetapi masih bisa hadir di tengah-tengah kami," ungkapnya. 

Tri Cahyo menambahkan, agenda ini tercetus dari usulan para tokoh-tokoh yang ada di wilayah Kecamatan Kemlagi ini. Yakni untuk bersilaturahmi bersama semua organisasi, lembaga-lembaga yang ada di Kecamatan Kemlagi. "Kami mengakomodir masukan ke kami. Salah satunya usulan untuk berkumpulnya seluruh kelembagaan yang ada di Kemlagi. Hari ini kami kemas dalam agenda Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah ini," jelasnya. 

Meskipun momen ini adalah momen masyarakat muslim, lanjut Tri Cahyo, tidak hanya lembaga dan organisasi Islam saja yang hadir dalam agenda ini. Ada juga tokoh gereja yang ada di Kecamatan Kemlagi. "Sampai saat ini secara majemuk di Kemlagi memang masih kondusif, sampai hari ini masih bisa terkendali. Sinergitas di Kemlagi ini yang terkait toleransi dan kerukunan umat beragama masih terjaga," pungkasnya. Dwi