Peringkat 40 Atlet Panahan, Maju di Babak 32 Besar

Diananda Choirunisa saat latihan memanah. SP/ Getty Image

SURABAYAPAGI.com, Tokyo - Diananda Choirunisa, Pemanah putri Indonesia berhasil menyelesaikan ranking round Olimpiade Tokyo 2020 di Yumenoshima Park, Jumat (23/7/2021) pagi WIB. Diananda Choirunisa harus puas menempati urutan ke-40 dengan perolehan 631 poin.

Pada babak ini, terdapat 64 pemanah saling bersaing untuk mendapatkan posisi tertinggi dengan melemparkan 72 busur anak panah yang kemudian angka-angkanya akan diakumulasikan.

Diananda Choirunisa mengakui bahwa dirinya belum tampil maksimal. Meski demikian, dirinya tetap berharap bisa menunjukkan penampilan terbaiknya pada pertandingan berikutnya di babak 32 besar Olimpiade Tokyo 2020 pada Selasa 27 Juli 2021. Di babak tersebut, ia akan bertemu wakil Denmark, Maja Jager.

Pelatih Lilies Handayani berharap di babak berikutnya anak didiknya tersebut bisa semakin beradaptasi dan mampu membaca arah angin sehingga tak melakukan kesalahan lagi.

"Tadi sempat ada anak panah yang sobek. Lalu, Nisa masih bingung dengan arah anginnya karena terus berubah," katanya, Jumat (23/7/2021).

"Kadang dari kiri ke kanan, lalu dari kanan ke kiri, kemudian berhenti. Saya harap di babak berikutnya Nisa lebih bisa membaca arah angin," ujar Lilies Handayani.

Selain itu, hasil ini juga akan menjadi penentu untuk tim yang bisa berlaga di nomor beregu campuran. Sebab, hanya ada 16 tim yang bisa lolos ke nomor tersebut.

Usai pertandingan tersebut, Indonesia berharap pada ranking round nomor putra, yang mana ada tiga pemanah Indonesia yang turun pada pukul 11.00 WIB, yakni Riau Ega Agatha, Arif Dwi Pangestu, dan Alviyanto Bagas Prastyadi.

Sementara itu, hasil keseluruhan di nomor putri, atlet asal Korea Selatan, An San tampil sebagai terbaik dengan menduduki urutan pertama. Ia mengoleksi angka tertinggi dengan 680 poin.

Angka tersebut sekaligus memecahkan rekor poin Olimpiade yang dipegang Lina Herasymenko asal Ukraina. Herasymenko sebelumnya mengoleksi 673 poin yang dibuat pada Olimpiade Atalanta 1996. Dsy18