Home / Peristiwa : Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo, Sumenep

Perjalanan Berhari-hari Dipangkas Jadi 1 Jam

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 20 Apr 2022 20:22 WIB

Perjalanan Berhari-hari Dipangkas Jadi 1 Jam

i

Peresmian Bandara Trunojoyo Sumenep oleh Presiden Jokowi, Rabu (20/4/2022).

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep-  Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022).

Peresmian Bandara Trunojoyo ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi, disaksikan Menteri Pertahanan, Menteri Perhubungan, Menteri BUMN, Menteri Sekretaris Negara, Gubernur Jawa Timur, dan Bupati Sumenep.

Baca Juga: Penerbangan Perintis Sumenep-Jember Ramai Pasca Lebaran

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, keberadaan Bandara Trunojoyo akan memiliki peran sentral dalam melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan pulau-pulau lainnya di sekitar Madura.

"Bandara ini akan sangat penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Madura, dan membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Pulau Madura," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, kehadiran Bandara Trunojoyo juga akan memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau di sekitar Pulau Madura yang jika menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari, maka dengan menggunakan pesawat hanya akan membutuhkan waktu satu jam saja.

Jokowi meyakini dengan konektivitas yang semakin baik, mobilitas masyarakat akan semakin mudah dan semakin lancar dan titik-titik perekonomian dan usaha baru akan tumbuh.

"Saya yakin dengan konektivitas yang makin baik, mobilitas masyarakat akan makin mudah dan makin lancar dan titik-titik perekonomian baru akan tumbuh. Usaha baru insya Allah juga akan bermunculan dan kesempatan kerja baru juga akan bertambah. Di samping itu, usaha-usaha yang sekarang sudah ada juga akan makin berkembang dan akan makin maju," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mengusahakan adanya penerbangan dari Surabaya atau Jakarta ke Sumenep menjelang hari raya Idul fitri ini. Presiden meyakini penerbangan tersebut akan diminati oleh banyak penumpang.

"Saya minta ini karena sudah hampir menjelang hari raya Idul fitri, saya minta Pak Menteri Perhubungan agar diusahakan ada penerbangan yang dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep untuk kita coba apakah penuh atau tidak penuh penumpangnya. Menurut saya penuh, insya Allah penuh," ungkapnya.

Selebihnya, Presiden Jokowi juga meminta agar Bandara Trunojoyo yang baru diresmikannya agar dijaga serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Perbedaan Jokowi dan Muhaimin, Peringati Hari Kartini

"Saya minta Bandara ini agar dimanfaatkan dan dijaga dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan daya saing daerah dan menggerakkan perekonomian masyarakat, agar masyarakat lebih sejahtera," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam laporannya mengatakan bahwa Bandara Trunojoyo berdiri di atas lahan seluas 34 hektare. Bandara tersebut telah dikembangkan menjadi bandara dengan panjang landasan pacu atau runway mencapai 1.600 meter pada tahun 2016 lalu.

"Selanjutnya kami mengembangkan ini menjadi satu bandara yang lebih representatif dengan gedung seluas 3.600 (meter persegi) dan insya Allah ini dapat diterbangi ATR dan beberapa maskapai penerbangan dapat melakukan," katanya.

Di waktu yang sama, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan penerbangan rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya akan segera kembali beroperasi. Menurut Bupati Fauzi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan, pihak maskapai City Link, dan Kepala Bandara.

"Hasil komunikasi dengan Pak Menteri (Perhubungan), Maskapai City Link dan Kepala Bandara, untuk sementara insyaAllah tanggal 29 April penerbangan perdana untuk rute Sumenep-Surabaya dan Surabaya-Sumenep," ujar Bupati Fauzi, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga: Tercatat Sejarah, SMAN I Arjasa Sumenep Peraih OSN Kabupaten Terbanyak Tahun 2024

Menurut Fauzi, dibukanya kembali aktivitas penerbangan di rute tersebut sebagai tindak lanjut atas arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dalam sambutanya di acara peresmian Bandara Trunojoyo Sumenep, Rabu, 20 April 2022.

"Pada dasarnya Pemerintah Kabupaten se-Madura menyambut baik diresmikannya Bandara Trunojoyo ini, khususnya Sumenep, Pamekasan dan Sampang," ujar Fauzi, menambahkan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memang meminta Menteri Perhubungan agar mengupayakan supaya menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 ini ada penerbangan rute Surabaya-Sumenep maupun Jakarta-Sumenep.

“Ini karena sudah menjelang Hari Raya Idulfitri, saya minta Pak Menteri Perhubungan agar diusahakan ada penerbangan dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep. Untuk kita coba, apakah penuh atau tidak penumpangnya. Menurut saya, insyaAllah, penuh,” kata Jokowi, dalam sambutannya yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden.

Dengan dibukanya aktifitas penerbangan rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu pilihan alat transportasi masyarakat yang ingin mudik maupun balik lebaran. ana, rah, ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU