Permudah Akses Pendidikan Perpustakaan Online Diluncurkan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 10 Mei 2022 16:31 WIB

Permudah Akses Pendidikan Perpustakaan Online Diluncurkan

i

Bupati menyerahkan secara simbolis perpustakaan online ke perwakilan sekolah. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI, Lamongan - Guna memperlancar akses pendidikan di Lamongan, Dinas Pendidikan meluncurkan perpustakaan online melalui digital e-library untuk PAUD, SD, SMP se-Kabupaten Lamongan, Selasa (10/5/2022).

Bupati Yuhronur Efendi  melaunching dan menyerahkan aplikasi digital e-library secara simbolis untuk PAUD, SD, SMP, diharapkan aplikasi ini bisa  mempercepat pemerataan akses pendidikan di Kabupaten Lamongan, sehingga tidak ada kesenjangan akses baik di kota maupun di desa.

Baca Juga: Dalami Korupsi Pembangunan Gedung Pemkab, KPK Periksa Eks Ketua DPRD Lamongan

Aplikasi e-library yang baru saja diluncurkan oleh Pak Yes ini merupakan kerjasama antara Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan dengan Troya Academic Platform (TAP). Sistem perpustakaan online yang ditawarkan memiliki tujuan meningkatkan minat belajar siswa dengan membaca, menonton, hingga bermain, sehingga belajar akan menjadi lebih menyenangkan. Di dalamnya terdapat pula fitur e-book, e-pub, audio book, video book hingga game literasi dengan beragam genre yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Adanya aplikasi ini diungkapkan Pak Yes merupakan wujud transformasi digital di bidang pendidikan di Kabupaten Lamongan. “Hal ini akan terus kita kembangkan sebagai bekal kita untuk terus melakukan inovasi dan digitalisasi di Lamongan,” ungkapnya.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, 1000 Anak Yatim dan Disabilitas Lamongan Terima Santunan

Sebagaimana diketahui, indeks pendidikan Kabupaten Lamongan yang terealisasi sebesar 0,651 pada tahun 2021 meningkat dibandingkan tahun 2020 sebesar 0,638. Hal tersebut menunjukkan bahwa kinerja layanan pendidikan terus membaik dari waktu ke waktu.Ini menjadi kontribusi besar pada peningkatan IPM Kabupaten Lamongan yang pada tahun 2021 mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun 2020 dan masuk pada kategori tinggi, yakni dari 72,58 menjadi 73,12.

Baca Juga: Duhhh..Rp 11, 5 Miliar Bantuan Keuangan Pemdes Tahun 2023 di Lamongan Tak Kunjung Dicairkan

“Alhamdulillah, pendidikan di Lamongan senantiasa maju dan menuju pendidikan yang lebih baik. Ini dibuktikan dengan indeks pendidikan Lamongan yang terus naik, dan hal tersebut menjadi kontribusi kenaikan  IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Lamongan, ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan dan belajar Lamongan yang terus naik,” kata Pak Yes.

Diungkapkan pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan Munif Syarif menyampaikan bahwa inovasi e-library ini diluncurkan dalam rangka memberikan akses pendidikan agar dapat sampai ke pelosok-pelosok desa di Lamongan. “Jadi tidak tergantung letak tapi tergantung kemauan kita, di desa dan di kota mendapatkan akses yang sama,” ungkapnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU