Permudah Kepengurusan Adminduk, Pemkot Surabaya Launching Program Kalimasada

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 18 Nov 2021 15:39 WIB

Permudah Kepengurusan Adminduk, Pemkot Surabaya Launching Program Kalimasada

i

Apel Kesiapan Pelaksanaan Program Perintisan serta Launching Program Kalimasada di Halaman Taman Surya, Kamis (18/11).SP/HUMAS PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Pemerintah Kota Surabaya melaunching Program Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Administrasi Kependudukan (kalimasada). Launching ini bersamaan dengan Apel Kesiapan Pelaksanaan Program Perintisan yang berlokasi di Halaman Taman Surya, acara ini diikuti oleh perwakilan kecamatan se-Kota Surabaya, Kamis (18/11).

Walikota Surabaya, Eri Cahyadi dalam sambutan peresmiannya menyampaikan terimakasihnya kepada para Camat, Lurah dan RT, RW yang telah hadir. Menurutnya, kekuatan yang dimiliki oleh Kota Surabaya adalah kekuatan gotong royong.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya Sambut Delegasi Perdagangan dari Tiongkok

"Pemerintah tidak akan pernah bisa hadir sendiri, kekuatan kita di Surabaya adalah kekuatan gotong royong masarakatnya. Karena sejatinya, Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dekat dengan masyarakatnya seperti RT, RW serta LPMK" ujar Walikota Eri.

Walikota Eri berharap dengan adanya Kalimasada ini, segala bentuk kepengurusan dapat diselesaikan ditingkat level RT tanpa harus bertemu dengan Dispendukcapil. Baik untuk pengurusan KTP, Akte Kelahiran, Akte Kematian dan lainnya.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

"Kalo KTP kan harus ada fotonya jadi masih harus ke Dispendukcapil, tapi untuk pengurusan lainnya cukup melalui RT sehingga ada kebersamaan, kekompakan dan gotong royong antar warga satu RT" Tegas Walikota Eri.

Walikota Eri juga menyampaikan, jika segala kepengurusan bisa diselesaikan dalam satu RT. Maka akan memudahkan Pemkot Surabaya melakukan berbagai intervensi seperti kemiskinan, anak putus sekolah.

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

Mahfud Zakaria, Ketua RT 07 RW 08 Tambak Pring Barat Kecamatan Asemrowo menyampaikan program Kalimasada ini cukup membantu ketua RT dalam melayani warga, terutama untuk kepengurusan akte kematian, akte kelahiran, pindah masuk dan pindah keluar.

"Selama ini kan sebagai ketua RT, kita selalu terbentur di pendaftaran akun mandiri melalui klampid. Namun dengan Kalimasada ini, cukup satu akun RT itu bisa mengajukan permohonan akte kelahiran hingga 100 lebih selama satu bulan. Sehingga para lansia yang selama ini tidak punya akte kelahiran menjadi sangat terbantu" ujar Mahfud Zakaria.sb1/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU