Pernah Alami Cidera Pita Suara

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 27 Apr 2021 22:13 WIB

Pernah Alami Cidera Pita Suara

i

Isyana Sarasvati

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Isyana Sarasvati yang menyukai musik klasik, selama masa kuliah ia pernah mengalami cidera pita suara saat menyanyikan lagu yang ada di luar kemampuan dan kapasitas suaranya. Sehingga pilihannya itu membawa dampak buruk bagi pita suaranya.

"Aku pernah ada di masa, ini dari pengalaman aku sendiri soalnya ya. Jadi waktu aku sekolah aku pernah mencoba untuk menyanyikan sebuah repertoire yang gede banget, repertoire dari Strauss," ungkap Isyana, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Ungkit Masalah Restu Orang Tua, Putri Anne Ngaku Nyesel Nikahi Arya Saloka

"Setelah aku nyanyiin lagu itu, (dari) latihan sampai waktu itu dikonserin. Aku sampai ke dokter THT," lanjutnya. "Sampai dimasukin selang karena rusak pita suaranya. Aku pernah mengalami itu."

Kemudian Isyana menyebutkan bahwa lagu yang ia maksud biasanya dinyanyikan oleh penyanyi bersuara matang. Menurut pengetahuannya, lagu milik Strauss itu sering kali dinyanyikan oleh mereka yang telah berusia 28 tahun ke atas atau bahkan lebih dari 30-an.

Baca Juga: Asmara dengan Rizky Irmansyah Diduga Kandas, Nikmir Curhat Dianiaya Mantan Kekasih

Mengingat kejadian tersebut, Isyana pun memberikan saran-saran tentang bernyanyi lagu klasik. Tak hanya membagikan teknik yang harus dilakukan, pelantun "Tetap Dalam Jiwa" itu juga menekankan pentingnya pemanasan sebelum bernyanyi. Hal itu penting demi menjaga kesehatan pita suara.

"Tapi temen-temen, kalau mau nyanyi lagu klasik atau apa please harus warm up (pemanasan) dulu, terus jangan sembarangan juga," ujar Isyana di kanal YouTube Rossa pada Senin (26/4).

Baca Juga: Heboh! Nagita Gendong Bayi Perempuan Bernama ‘Lily’, Warganet Kaitkan dengan Ramalan Hard Gumay

Selain itu, penyanyi 27 tahun itu menyarankan betapa penting memilih lagu yang cocok untuk dinyanyikan. "Pilih repertoire (lagu) yang sesuai dengan kapasitas suara, karena bahaya banget," imbuhnya.

Lantas Isyana menambahkan jika hal itu terjadi pada saat ia berkuliah di Singapura. Sejak saat itu, ia berpendapat bahwa memilih lagu yang sesuai dengan kematangan suara sangatlah penting. dsy19

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU