Pernah di PHK, Kini Sukses Jadi Pengusaha Eksportir

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 30 Agu 2021 09:27 WIB

Pernah di PHK, Kini Sukses Jadi Pengusaha Eksportir

i

Trik Budi Cahyono. SP/ JPR

SURABAYAPAGI.com, Jepara - Trik Budi Cahyono yang akrab dengan panggilan Budi Gading pernah terkena PHK karena ada pengurangan karyawan dari perusahaan mebel multinasional di Jakarta. Tepatnya sekitar tahun 1997 akibat adanya krisis moneter di Indonesia.

Kemudian ia berusaha mandiri. Usaha mandirinya adalah dengan membuka toko mebel, tetapi tidak bertahan lama karena penjualan tidak begitu baik akhirnya usaha tersebut ditinggalkannya.

Baca Juga: Dihadiri Ribuan Pengunjung, IFBC 2023 Jakarta Sukses Realisasikan Ide Bisnis Impian dan Suguhkan Ragam Kebutuhan Bisnis Terkini

Kemudian mulailah Budi bekerja di perusahaan pengolahan kayu yang masih di wilayah Jepara. Karena integritasnya, dia dipercaya dan disekolahkan oleh perusahaan sebagai pejabat pembuat Faktur Kayu Olahan (FAKO).

Di sinilah dia semakin banyak mengenal pengusaha dan perusahaan yang terkait dengan kayu olahan. Tetapi lepas juga pekerjaan dari perusahaan pengolahan kayu tersebut. Budi mencoba bisnis produk-produk kayu yang berorientasi ekspor.

Dari pengalaman mengurus dokumen-dokumen ekspor ini Budi memulai bisnis jasa. Yaitu jasa pengurusan dokumen-dokumen ekspor seperti, ekspor lisensi, konsultan ekspor-impor dan hal-hal yang lain terkait dengan ekspor impor. Hal ini yang menjadikan dirinya dan perusahaannya semakin berkembang.

Baca Juga: Dibanjiri Ribuan Pengunjung, Pameran IFBC 2023 Bandung Sukses Digelar dan Suguhkan Puluhan Ide Bisnis Waralaba

Dari usaha tersebut ada beberapa perusahaan yang sudah didirikannya. Perusahaan-perusahaan tersebut yang sekarang banyak digunakan untuk perusahaan ekspor lisensi di Jepara.

Ekspor hasil olahan kayu di Jepara cukup besar peluangnya. Terbukti jika masa peak season (masa puncak) ekspor di Jepara bisa mencapai 300 kontainer per bulan. Bahkan bisa lebih, inilah peluang usaha yang dibidiknya.

Dari pengalaman dan peluang usaha tersebut Budi mendirikan perusahaan kargo atau EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut). Perusahaan tersebut diberi nama Gading Express International yang diambil dari nama depan putri bungsunya.

Baca Juga: Cetak Wirausahawan Baru, Disnaker Nganjuk Gelar Pelatihan Menjahit

Gading Express International ini cukup dikenal di kalangan eksportir Jepara. Hal ini karena integritas layanannya kepada klien yang selalu memuaskan.

Perusahaan ini juga siap memberikan konsultasi kepada eksportir maupun importir baik di Jepara maupun di kota lain. Sehingga perusahaan ini bisa semakin berkembang harapnya. Dsy1

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU