Persiapan IGA 2023, Ini Catatan Kepala BSKDN Kemendagri untuk Kota Mojokerto

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 08 Feb 2023 16:50 WIB

Persiapan IGA 2023, Ini Catatan Kepala BSKDN Kemendagri untuk Kota Mojokerto

i

Kepala BSKDN Kemendagri RI, Yusharto H saat memberi materi evaluasi IGA 2022 dan persiapan IGA 2023 di Kota Mojokerto

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Kepala Badan Strategi Kebijakan dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri Yusharto Huntoyungo mengaku takjub dengan capaian Kota Mojokerto dalam IGA Award 2022 kemarin. Pasalnya, kota berjuluk 'Spirit Of Majapahit' ini ditetapkan sebagai Kota Terinovatif dalam penilaian IGA tahin lalu.

Hebatnya lagi, kota kecil dengan tiga kecamatan ini posisinya tiba-tiba melejit, hanya dalam waktu sekitar dua tahun bisa berada di puncak klasemen.

"Apa yg sudah dicapai Pemkot Mojokerto menurut kami adalah buah dari konsistensi melakukan pembentukan ekosistem inovasi yang dilakukan secara fundamental," ujarnya.

Ia menyebut, pembentukan tersebut bukan hanya pada bagian sisi-sisi luarnya saja tetapi juga dilakukan dari hal yang paling mendasar.

Sehingga dari tahun 2019 sampai dengan 2022 mengalami lompatan yang cukup tinggi terutama untuk sesama kota yang ada di Indonesia.

"Sekarang ini indeksnya sudah mencapai 70,78, ini merupakan indeks inovasi daerah tertinggi tahun 2022 untuk kota di seluruh Indonesia. Ada sekitar 93 kota yang dilombakan dalam IGA," ungkapnya.

Masih kata Yus, buah dari konsistensi juga adalah sangat kurangnya atau sedikitnya angka yang di eliminir dari evaluasi mandiri yang dilakukan oleh Pemkot Mojokerto.

Dengan demikian tidak terpaut jauh angka indeks inovasi daerah yang dikeluarkan terakhir dengan evaluasi mandiri yang dilakukan oleh dinas-dinas.

"Kenapa ini penting karena daerah-daerah lain jatuhnya banyak sekali, karena kita lewati proses yang cukup dikatakan objektif," tukasnya. Yus menambahkan, data yang sudah masuk verivikasinya bukan hanya dilakukan oleh BSKDN tapi juga oleh dua perguruan tinggi. Yaitu, unit yang menangani smart city di Universitas Indonesia serta pusat kajian tentang otonomi daerah yang ada di UGM.

"Hasilnya untuk Kota Mojokerto dari 53 inovasi yang ditawarkan tahun 2022 , jumlahnya tidak terpaut besar dengan hasil evaluasi mandiri yang dilakukan oleh Pemkot Mojokerto," tuturnya.

Untuk peningkatan kedepan, pihaknya sudah mendiskusikan dengan sejumlah OPD serta para inovator Kota Mojokerto. Inovasi yang usianya sudah dua tahun akan dilanjutkan dengan menghasilkan produk yang lebih luas.

"Misal yang di inisiasi Wali Kota, yakni dari inovasi Gayatri menjadi Prameswari, yang intervensiya menjadi lebih luas. Demikian juga dengan inovasi Brantas Tuntas nanti akan ditingkatan menjadi Adi Pintar. Dan Gempa Genting yang tadinya sifatnya intervensi pengobatan dilanjutkan menjadi lebih padat preventif untuk memberikan intervensi kepada para calon bumil guna mencegah stunting," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang Kota Mojokerto, Agung MS mengatakan pada tahun 2022 lalu Kota Mojokerto meraih juara 1 kategori Kota Terinovatif. Ia berharap tahun 2023 ini prestasi tersebut dapat dipertahankan.

"Terdapat 53 inovasi digital dan non digital yang dilaporkan ke Kemendagri untuk penilaian Indeks Inovasi Daerah tahun 2022 dengan inovasi penerapan 2020-2021 dari 107 inovasi yang terdaftar dalam Perwali 90 tahun 2021," jelasnya.

Masih kata Agung, inovasi penerapan yang terdaftar pada bank inovasi sebanyak 40 inovasi. "Pada bulan Maret ini, Bappeda Litbang akan menyelenggarakan Lomba Mojo Indah (Mojokerto Inovasi Daerah} sebagai sarana pembinaan terhadap inovasi daerah dan evaluasi awal untuk IID 2023," pungkasnya. Dwi

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU