Persiapan Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Wali Kota Eri Minta Arahan Gubernur Khofifah

Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat mendapatkan penjelasan dari Walikota Surabaya, Eri Cahyadi soal Tuan Rumah Piala Dunia U 20 di Grahadi, Senin (18/7/2022).

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bertemu dengan Wali kota Eri Cahyadi di gedung negara grahadi, Senin (18/7/2022). Dalam pertemuan tersebut Gubernur Khofifah Indar Parawansa menanyakan perkembangan tentang persiapan Surabaya dalam menghadapi tuan rumah Piala Dunia U – 20 yang dilaksanakan pada 23 Mei 2023 mendatang dan kedua kesiapan Surabaya yang juga akan berpeluang menggelar AFC pada september 2022.

Gubernur Khofifah ditemui usai acara pertemuannya, mengatakan pihaknya mendukung. Secara prinsip apa yang menjadi arahan FIFA disebutnya harus dilaksanakan. "Beberapa catatan FIFA pada saat kesini, kita sudah membahas. Kebetulan kemarin ada Menpora, Menteri PU, Menteri BUMN karena ada kaitan dengan Pelindo," katanya.

Menurutnya, semua pihak berupaya merumuskan yang terbaik agar ajang Piala Dunia dapat berlangsung sukses. "Dan biasanya enam bulan sebelumnya sudah mulai berlatih. Berarti akan ada beberapa penunjang yang akan menjadi tempat latihan mereka. Dan ternyata September AFC juga akan digelar disini," urainya.

Mantan Menteri Sosial itu berharap seluruh pihak dapat bersiap untuk memberikan yang terbaik. Berbagai catatan perbaikan harus terus digenjot. "Pak walikota yang punya daerah, kita di Provinsi dan Kemenpora itu juga akan menjadi satu kesatuan, bahwa kita harus menjadi salah satu tuan rumah itu," ungkapnya.

Sementara itu Wali kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan pihaknya sengaja sowan ke Grahadi untuk meminta arahan terkait percepatan dan sinkronisasi bersama Pemprov Jatim. Apalagi, selain ajang Piala Dunia, Eri mengatakan Kemenpora memberi kabar terkait peluang pelaksanaan Piala AFC pada September mendatang. "Pemkot Surabaya ini kan tidak bisa lepas dari Pemprov. Wong anake Provinsi, jadi kami mohon arahan kepada Gubernur," kata Eri yang juga didampingi jajarannya dari Pemkot Surabaya.

Diungkapkan Eri, pihaknya menginginkan agar ajang bergengsi itu dapat berjalan sukses seperti yang diharapkan. Masukan dan arahan dari Pemprov disebut penting terlebih Eri menyebut Khofifah juga merupakan pecinta sepak bola.

Bahkan, lanjut Eri, Khofifah mengetahui stadion Old Trafford yang merupakan kandang Manchester United. "Karena Bunda Khofifah ini juga pecinta sepakbola. Tahu Old trafford seperti apa," ungkap Eri.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya itu mengungkapkan, pihaknya sudah banyak menampung perihal bagaimana standar stadion untuk gelaran AFC termasuk dari Menpora.

"Nanti Insyaallah saya juga minta waktunya Bunda Gubernur untuk melihat Stadion GBT, bagaimana apa yang perlu ditambahkan dan disempurnakan sehingga sesuai standar PSSI," pungkasnya. (kom/rf/rmc)