Pertengahan April 2023, JLS Siap Dibuka untuk Umum

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 02 Apr 2023 13:48 WIB

Pertengahan April 2023, JLS Siap Dibuka untuk Umum

i

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau JLS Tulungagung-Trenggalek. Foto: Pemprov Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung - PPK Pansela Jatim Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jatim-Bali Kementerian PUPR, Andhika Tommy Ardiansyah menyempaikan bahwa progress pengerjaan proyek Jalur Lintas Selatan (JLS) Tulungagung-Trenggalek telah mencapai 99 persen lebih.

“Kalau sekarang sudah 99 persen lebih. Tinggal pembersihan dan finishing saja,” kata Tommy, Sabtu (1/4/2023).

Baca Juga: Tak Peduli Aturan, Anggota BPD Ikut Garap Proyek Ipal Komunal Desa Dalegan Senilai Rp 500 Juta

Tommy mengatakan, jalur yang juga dikenal sebagai jalur Pansela Lot 6 tersebut akan selesai sebelum Mei 2023 dan mulai dibuka untuk umum pada pertengahan April 2023.

Sebelumnya, JLS Lot 6 ini sudah melalui proses pengujian kelaikan jalan. Hal uji ini diperkirakan akan keluar minggu depan. Banyak form yang harus dipenuhi, diantaranya kerataan jalan dan rambu lalu lintas.

“Kalau misalnya formnya belum terpenuhi, kami penuhi dulu. Saat ini marka dan rambu masih kurang sedikit,” ujarnya.

Menurutnya, jika hasil uji sudah tidak ada kendala, maka seminggu sebelum lebaran, JLS Tulungagung-Trenggalek sudah sepenuhnya terhubung. Sehingga, sudah bisa dimanfaatkan selama masa mudik dan balik lebaran 2023.

Sesuai Peraturan Presiden RI (Perpres) No 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Gresik – Bangkalan – Mojokerto – Surabaya – Sidoarjo – Lamongan, Kawasan Bromo-Tengger-Semeru (BTS), serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan, di sepanjang Lot 6 dan 7 akan dilengkapi dengan tiga lokasi rest area.

Baca Juga: Pembangunan Tol Yogyakarta – Bawen Bakal Beroperasi di Kuartal I tahun 2025

Dua lokasi rest area di wilayah Tulungagung, yakni di sekitar Pantai Brumbun dan di atas Pantai Klathak. Satu rest area lagi di Tumpak Untang, Kabupaten Trenggalek.

“Kami siapkan arenanya. Pengelolaan ada di pemkab masing-masing,” tuturnya.

Sebagai informasi, JLS Lot 6 mempunyai panjang sekitar 17 kilometer yang menghubungkan Kecamatan Besuki di Tulungagung dan Kecamatan Watulimo di Trenggalek. Jalur ini melintasi pegunungan selatan yang ada tepat di tepi garis pantai selatan kedua wilayah.

Jalur ini juga akan melewati sejumlah pantai, antara lain Pantai Gemah, Pantai Klathak, Pantai Nglarap, Pantai Mutiara, Pantai Karanggongso, Pantai Pasir Putih dan Pantai Prigi.

Baca Juga: Pemkab Mojokerto Sosialisasi Persiapan Pembangunan Jembatan Talunbrak

Maka dari itu, JLS ini diharapkan dapat memperlancar arus perekonomian barang dan jasa, serta meningkatkan pendapatan daerah melalui sektor pariwisata

Selain itu, jalur baru ini digadang-gadang akan menjadi jalur wisata baru. Sepanjang jalan akan tersaji pemandangan pesisir laut selatan atau laut lepas Samudra Hindia.

Oleh sebab itu, tak heran jika pembukaan jalur ini banyak ditunggu oleh warga dari kedua wilayah. Bahkan, sejumlah warga yang kebetulan punya lahan di tepi JLS juga menyiapkan tempat usaha baru seperti warung. tlg

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU