Pesan Marc Marquez ke Mir dan Rins: Harus siap Menderita!

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez. Foto: AFP/Glenn Nicholls

SURABAYAPAGI.COM, Valencia - Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez memberikan peringatan kepada kedua pembalap baru Honda. Mereka adalah Joan Mir dan Alex Rins yang akan bergabung dengan tim sayap tunggal tersebut di MotoGP 2023. Keduanya merupakan "pengungsi" dari  Suzuki Ecstar yang memutuskan keluar dari MotoGP.

Ia menyebut dua kompatriotnya harus siap menderita jika ingin bisa menjinakkan motor RC213V. Hal itu disampaikan Marquez bukan tanpa alasan. Sebab ia merasa motor RC213V merupakan kuda besi yang sulit untuk ditaklukkan.

Menurut Marc Marquez, butuh 'treatment' dan skill khusus agar si oranye milik tim berlogo sayap tunggal mengepak ini mengeluarkan kemampuan terbaiknya saat melibas lintasan.

"Ini Honda bro. Motor Honda sulit untuk dikendalikan, berkaca dari pengalaman, semua rider harus siap menderita," kata Marc Marquez.

Memang sejak MotoGP 2013, tidak ada rider yang bisa benar-benar memberikan hasil maksimal kecuali Marc Marquez sejak RC213V tercipta. Bahkan, Jorge Lorenzo, Alex Marquez, Pol Espargaro, hingga Dani Pedrosa kesulitan untuk menemukan ritme balapan terbaiknya kala menunggangi RC213V.

Untuk benar-benar bisa menguasai motor Honda itu, Marquez mengatakan  bahwa sang pembalap tersebut harus terjatuh beberapa kali bersama RC213V. Karena menurut Marquez, untuk bisa mengetahui batas dari motor Honda, maka sang rider bisa mengalami beberapa crash.

"Pada satu momen, semua pebalap yang pernah mengendarainya pasti menderita. Jika kamu ingin mengetahui batas dari motor Honda, kamu harus crash. Di situla kepercayaan diri dan keberuntungan harus menolongmu." tutur Marc Marquez.

Karena itulah Marquez merasa untuk menjadi pembalap Honda yang sukses, memerlukan faktor kepercayaan diri yang tinggi dan juga keberuntungan. Percaya diri dibutuhkan agar pembalap tidak jatuh mentalnya setiap mengalami kecelakaan saat berusaha menemukan batas maksimal motor Honda.

"Kamu perlu kepercayaan diri tinggi sampai crash berkali-kali pun tak akan membuatmu gentar, dan juga keberuntungan agar tidak cedera. Saya realistis, pesan ini tidak dibuat-buat. Lihat saja statistiknya," ucap Marc Marquez.

Terlepas dari itu semua, Marquez antusia menyambut dua mantan pembalap Suzuki itu gabung dengan Honda. Nantinya Mir akan berada satu tim dengan Marquez di Repsol Honda, sementara Rins akan bergabung ke LCR Honda bersama Takaaki Nakagami. vln