Pesta Pernikahan Habiskan Rp 1 Triliun, Prewedding di 5 Benua

Pernikahan crazy rich Surabayan yang memakan biaya fantastis

 

‘Crazy Rich Surabayan’ yang Dibenci Orang Tionghoa Berpendidikan (3)

 

 

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Bicara Crazy Rich Surabayan, tak akan habisnya. Selain Melvin Tenggara, juga ada seorang pria Jusup Maruta Cahyadi, yang pada tahun 2018 lalu, baru menghabiskan Rp 1 Triliun untuk pesta pernikahan dan foto pre-wedding.

Jusup Maruta Cahyadi menikah dengan kekasihnya Clarissa. Pernikahan pasangan Crazy Rich Surabayan ini dianggap paling mewah dalam dua tahun terakhir dan bak film Crazy Rich Asian.

Semua pesta super mewah ini diawali saat Jusup melamar Clarissa di Macau. Proses pesta lamaran saja, pasangan asal Sidoarjo ini menggelar pesta mewah di Hotel Shangri-La Surabaya. Kala itu, untuk pesta lamaran atau pertunangan, mengundang penyanyi Raisa Andriana.

Saat resepsi pernikahan berlangsung, para tamu undangan dilarang bawa angpao. Justru para tamu diberikan tiket pesawat dan penginapan. Tak selesai disitu, souvenir pernikahan berupa logam emas bergambar sketsa wajah. Saat makan malam, mereka juga akan membagikan doorprize berupa tiga ponsel merek iPhone masing-masing senilai Rp 17 jutaan.

Puncaknya, hadiah mobil Jaguar. Namun, ada syaratnya bila tamu ingin mendapatkan hadiah mobil Jaguar. Mereka harus berfoto dengan pakaian terbaik. Jusup dan Clarissa sudah menyiapkan International Movie Maker sebagai juri dalam penentuan foto terbaik.

Resepsi pernikahan yang berlangsung di Grand Ballroom The Mulia Resort, Nusa Dua, Bali inilah yang paling menyita perhatian. Menurut Marcellino, wedding organizer (WO) pesta pernikahan bukan berasal dari Bali. Dia memperkirakan biaya pesta pernikahan yang digelar Jusup dan Clarissa di Grand Ballroom, The Mulia Hotel & Resort, Nusa Dua, Bali itu terbilang fantastis. Nusa Dua, Bali.

Di hotel berbintang lima ini, Jusup dan Clarissa menyewa Grand Ballroom, aula utama yang berkapasitas 1.900 orang. Biaya sewa Grand Ballroom di Shangri La Hotel sendiri dihitung dari jumlah tamu yang diundang. Setiap tamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 2 juta.

"Cost kalau kita hitung harga makanan di Mulia paling mahal Rp 2 juta per orang dikali 1.000 itu berapa sudah Rp 2 miliar. Terus dekorasi antara Rp 500 juta-Rp 1 miliar. Mereka stay di hotel minimal 2 hari harga (kamar) Mulia sekitar Rp 2 jutaan per orang, kalau minimal 200, sudah Rp 4 miliar kali berapa malem. Jadi paling nggak ya sampai Rp 100 miliar, Rp 1 triliun juga mungkin, karena belum kita bayar entertainmentnya," bebernya.

"Bahkan, untuk menyewa Michael Learns to Rock mencapai Rp 500 juta-Rp 1 miliar. Karena itu termasuk tiket pesawatnya, penginapannya. Souvenirnya emas 5-10 gram harganya Rp 600 ribu/gram sudah Rp 3 juta, kali 500 keluarga, jadi banyak," urai Marcellino.

Tak hanya itu,  Jusup Maruta Cahyadi dan Clarissa berfoto hanya untuk sesi prewedding di lima benua sekaligus, yaitu Afrika, Eropa, Amerika, Australia, dan Asia.

Selain itu, ada juga video yang menunjukkan undangan 3D mewah pernikahan mereka. Undangan tersebut berbentuk boks yang di dalamnya dihiasi warna emas dan dilengkapi lampu dan musik. Lempengan berbentuk siluet keduanya dapat berputar bila tombol lampu dinyalakan.

Seperti yang diketahui, Jusup Maruta Cahyadi adalah anak bos Best Group bernama Rendra Tjahjadi. Rendra dikenal sebagai konglomerat yang memiliki bisnis utama di komoditas kelapa sawit. Best Group masuk dalam jajaran lima besar perusahaan industri kelapa sawit terbesar dan terluas di Tanah Air.

Sedangkan Clarissa Wang merupakan putri seorang pengusaha bernama Thio Trio Susantono. Sosok Thio Trio Susantono ini merupakan pengusaha asal Surabaya. Trio sempat diperbincangkan berbagai media pemberitaan, lantaran kasus pendaftaran merek dagangnya. Trio, sapaan akrabnya, merupakan pemilik dari merek dagang California Scents yang telah berdiri sejak 1993. dsy