Petani di Banyuwangi Mulai Budidaya Porang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 05 Okt 2021 17:53 WIB

Petani di Banyuwangi Mulai Budidaya Porang

i

Wabup Sugirah menanam porang di Desa Sukorejo Banyuwangi.

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Belakangan permintaan pasar akan tanaman porang cukup tinggi. Memanfaatkan hal tersebut, sejumlah petani di Desa Sukorejo Banyuwangi mulai mengembangkan tanaman porang.

Seperti yang dilakukan Siyam Tohari, salah satu petani di desa setempat. Ia mengaku tertarik budidaya porang karena melihat peluang yang cukup besar.

Baca Juga: Polisi Razia Pedagang Petasan di Banyuwangi

"Saya mendengar bagaimana tingginya permintaan porang. Akhirnya saya tergerak mencoba menanam umbi porang, apalagi tanaman ini tidak terlalu sulit perawatannya. Ini salah satu ikhtiar keluarga kami," cerita Siyam kepada Wakil Bupati Banywuangi, Sugirah saat menghadiri penanaman perdana porang di Desa Sukorejo, Kecamatan Bangorejo Banyuwangi, Selasa (5/10/2021).

Umbi porang memiliki nilai jual tinggi. Umbinya memiliki kandungan Glucomannan dan kalsiumnya tinggi. Porang juga bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk kebutuhan konsumsi, tetapi juga membuat lem organik serta penjernih air.

Siyam mengaku bahwa untuk awal ini dirinya bersama 11 petani lain di desa tersebut menjalin kemitraan bersama salah satu perusahaan yang berpengalaman di bidang produksi pertanian, PT Zhafira Jaya Bumi (ZJB).

"Karena belum punya pengalaman mengembangkan porang, saya daftar kemitraan pada PT ZJB. Bulan (Oktober) ini kami akan mulai tanam dengan pendampingan dari mereka. Bismillah, semoga usaha saya berhasil," ujar Siyam.

Sementara itu, Wabup Sugirah mengapresiasi para petani yang terus berupaya menangkap peluang usaha di sektor pertanian, termasuk budidaya porang.

"Potensi pasar porang sangat luas. Saya senang petani Banyuwangi sudah bisa menangkap potensi ini untuk mengerek kesejahteraannya. Nanti Dinas Pertanian dan Pangan akan ikut mengawal program ini," kata Sugirah.

Baca Juga: Kampung Nelayan Modern akan Dibangun di Banyuwangi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU