Peternak Ayam Blitar Keluhkan Harga Telur Makin Anjlok

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Sep 2021 11:24 WIB

Peternak Ayam Blitar Keluhkan Harga Telur Makin Anjlok

i

Peternak ayam mengeluhkan harga telur ayam yang semakin turun dimana terjadi sejak awal pandemi COVID-19. SP/ELJOHN NEWS

SURABAYAPAGI, Blitar -  Peternak ayam di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, mengeluhkan harga telur ayam yang semakin turun. Harga turun hanya Rp 13.800 per kilogram.

Ketua Koperasi Peternak Unggas Sejahtera (Putera) Blitar, Sukarman menjelaskan turunnya harga telur ayam ini sudah terjadi sejak awal pandemi COVID-19. Kebijakan PPKM juga membuat harga telur ayam semakin turun.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Anak Muda Sekarang Tidak Suka Bekerja di Kantor

"Hari ini harga telur ayam Rp 13.800 per kilogram dari kandang. Kemarin Rp 14.200 per kilogram," kata Sukarman, Selasa (21/9).

Ia mengatakan produksi telur ayam di Kabupaten Blitar tetap, sedangkan barang tidak bisa leluasa dikirim ke luar kota. Kabupaten Blitar adalah salah satu penghasil telur ayam dari sentra peternakan ayam yang cukup besar.

Baca Juga: Ada Kemungkinan Akhir 2022, PPKM Berhenti

Telur-telur ini selain untuk memenuhi kebutuhan lokal, juga dikirim hingga berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jakarta. Bahkan, telur ayam asal Blitar juga sebagai salah satu penyokong kebutuhan telur nasional.

Sebelum pandemi COVID-19, per hari pengiriman bisa hingga mencapai 450 ton. Namun, saat ini karena ada PPKM jumlah pengiriman itu pun menurun drastis. Misalnya di Jakarta, program pangan murah dihentikan sementara, sehingga permintaan telur pun turun.

Baca Juga: Riset: Tumbuhan Pegagan Embun Bisa Cegah Infeksi Covid-19

"Jadi, garis besarnya ada pandemi sehingga lalu lintas manusia dikurangi. Ini akhirnya menjadikan harga telur turun, padahal produksi tetap. Pakan bahan bakunya impor, selama pandemi juga naik. Dengan demikian, ternak alami kesulitan, ditambah PPKM beberapa bulan terakhir itu lebih parah lagi," kata dia.

Selain harga telur yang terus mengalami penurunan, harga pakan juga masih mahal, sekitar Rp 6.600 per kilogram untuk pakan jadi. Sedangkan untuk jagung Rp 6.000 per kilogram. Padahal, harga jagung sesuai peraturan Kementerian Perdagangan seharusnya Rp 4.500 per kilogram.bl1/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU