Petik Sendiri, Begini Cara Petani Jambu di Lamongan Ramaikan Dagangannya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 05 Mar 2023 16:44 WIB

Petik Sendiri, Begini Cara Petani Jambu di Lamongan Ramaikan Dagangannya

i

Bupati Lamongan memetik jambu di Desa Bakalanpule Kec Tikung Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Di Kabupaten Lamongan jenis tanaman holtikultura terus bermunculan. Kali ini jenis jambu kristal dan jambu diamond yang ada di Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung Lamongan. 

Tanaman jambu milik petani Salim ini sehari - hari mulai ramai dikunjungi pembeli. Karena kebun awangan 2 hektar tersebut merupakan kebun jambu pertama di Lamongan. Didalamnya terdapat 2 jenis jambu yakni 1.200 pohon jambu kristal dan 300 pohon red diamond.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Salim menyebutkan, panen kali ini merupakan panen kedua, pasalnya kebun milik perorangan ini baru beroperasi selama kurang lebih 1 tahun. Dalam sekali panen mampu menghasilkan lebih dari 1 ton buah jambu. "Karena masih tergolong baru, penjualan hasil panen ini masih dilakukan di dalam Kota saja dengan sistem petik sendiri langsung dari pohonnya dan menimbang sendiri," ujarnya.

Bahkan sangking mulai ramainya pembeli, bupati Yuhronur Efendi menyempatkan mampir di sela-sela acara di Pasar Bakalanpule, Minggu (5/3/2023). "Melihat potensi pada bidang holtikultura yang dimiliki, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus memberikan dukungannya salah satunya mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan gerakan #AyoDitumbasi agar mampu membantu perkembangan produk asli Lamongan itu," kata bupati.

Disebutkannya, potensi yang sangat luar biasa itu, harus kembangkan dengan cara maintenance dan tentunya kita harus ramaikan melalui gerakan #AyoDitumbasi agar jambu produk Lamongan ini bisa go Nasional bahkan Internasional,

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

Dalam seharinya mampu terjual hingga 97 Kg, terlebih saat liburan karena banyak pengunjung yang datang. Menurut pembeli bernama Lutfi mengatakan tertarik karena merupakan kebun jambu pertama di Lamongan dan tentunya karena terpikat rasa jambu kristal yang renyah dan berdaging tebal.

"Ini pertama kali ada di Lamongan, apalagi jambunya sangat renyah, dagingnya tebal, dan tentunya tanpa biji. Harga yang ditawarkan juga terjangkau yakni 1 kgnya 15 ribu saja," kata Lutfi.

Selain rasanya yang renyah, seperti kebanyakan jenis buah jambu, jambu kristal memiliki antioksidan vitamin C. Tidak hanya baik untuk menyembuhkan sariawan, vitamin C juga baik untuk menangkal radikal bebas. Konsumsi buah jambu kristal yang kaya vitamin C dapat menjaga kekebalan tubuh dan juga menangkal penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

 

Pemkab Lamongan konsisten memberikan dukungan atas inovasi holtikultura yang terus dikembangkan, salah satu contohnya ialah jambu kristal. Karena dengan hadirnya kebun jambu kristal di Lamongan dipastikan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Lamongan. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU