Petra Kompetisikan Uji Bangunan Tahan Gempa

Beberapa peserta kompetisi desain ketahanan gempa di ERDC 2021, sedang menguji maket model bangunannya. SP/Patrick

SURABAYAPAGI.OCM, Surabaya – Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UK Petra (Himasitra) menggelar Uji Bangunan Tahan Gempa 2021 atau kompetisi Earthquake Resistant Design Competition (ERDC) 2021.

ERDC 2021 yang merupakan kompetisi nasional tahunan tersebut bagian dari acara bertajuk Petra Civil Expo (PCE) 2021. “Kompetisi skala nasional ini menghadirkantiga kategori lomba dan internasional webinar. Kategori lomba ini antara lainBridge Competition, Earthquake Resistant Design Competition (ERDC), dan LombaKuat Tekan Beton (LKTB),”kata Sharon selaku ketua PCE 2021.

Peserta ERDC 2021 mencapai 46 tim dengan tiga orang setiap timnya, pandemi COVID-19 membuat Himasitra mengubah konsep lombanya. Dua tahapan dalam kompetisi yaitu tahap eliminasi berupa proposal dan babak final.  

Dalam proses kompetisi ini, setiap peserta diminta membuat maket bangunan langsung dengan dimensi 15cm x 15cm. Maket itu nanti akan dilakukan penggetaran menggunakan shaking table dengan level 1 hingga level 4 secara bertahap untuk melihat ketahanan maketnya.

"Kami ingin lahir inovasi-inovasi baru baru dari peserta dalam menanggulangi kepastian dari ketidakpastian kerusakan struktur akibat beban lateral gempa bumi,” kata Agnes Clarabella, Ketua Panitia ERDC 2021. pat/cr2/rmc