Petrokimia Borong Tiga Penghargaan IHCA 2021

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 05 Okt 2021 17:17 WIB

Petrokimia Borong Tiga Penghargaan IHCA 2021

i

Nuril Huda, SVP SDM PG (tengah) saat menerima hadiah penghargaan dalam acara Indonesia Human Capital Award (IHCA) 2021. SP/PG

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Peran aktif Petrokimia Gresik dalam mendukung pemerintah mencetak SDM unggul mendapatkan apresiasi berupa tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Indonesia Human Capital Award (IHCA) VII Tahun 2021, beberapa waktu lalu.

Ketiganya adalah “Best of Five Company in HR Contribution to Community”, “4th Best of The Year 2021 PLATINUM AWARD-A-Excellent” dan “The Best Indonesia-HC Director 2021 untuk Direktur Keuangan & Umum, Budi Wahju Soesilo” dalam kategori Subsidiary of SOE’s Company-Non Finance Company.

Baca Juga: Dinkes Gresik Beri Pelayanan Keliling Bagi Warga Bawean

Budi Wahju Soesilo, Senin (4/10) menyampaikan bahwa, program pengembangan talenta yang dihadirkan Petrokimia Gresik tidak hanya untuk peningkatan SDM karyawan, tapi juga menjadi upaya perusahaan dalam mendukung pemerintah mencetak tenaga kerja atau SDM unggul guna menghadapi persaingan global.

"Berbagai program pengembangan talenta yang dijalankan atau diciptakan Petrokimia Gresik memiliki semangat untuk membangun SDM Indonesia," tandas Soesilo. 

Pertama, Digital Learning Center (DLC) yang baru saja diluncurkan oleh Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk (Asdep IPP) Kementerian BUMN RI, Zuryati Simbolon, beberapa waktu lalu.

Soesilo menjelaskan bahwa DLC Petrokimia Gresik merupakan inovasi digital yang telah dicanangkan sejak tahun 2020, dan merupakan hasil sinergitas Kementerian BUMN, melalui Pupuk Indonesia dan Petrokimia Gresik, serta Kementerian Perindustrian sebagai upaya meningkatkan daya saing tenaga kerja di Indonesia.

DLC  dibangun untuk mempercepat penguasaan kompetensi karyawan, serta menjadi sarana bagi mahasiswa dan siswa magang dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah Menengah Kejuruan/sederajat. Dimana, mahasiswa dan siswa tidak perlu datang ke pabrik untuk melakukan praktik kerja industri, karena mereka bisa mendapatkan pengalaman magang yang riil melalui platform DLC, diantaranya Virtual Reality dan 360 Plant Facility Learning.

“Fasilitas ini juga menjadi solusi bagi mahasiswa magang di masa pandemi Covid-19, karena banyak mahasiswa kesulitan mencari tempat praktik lantaran banyak perusahaan menutup program magang guna mencegah penyebaran Covid-19,” tandas Soesilo.

Baca Juga: Polri TNI Berangkatkan Tim Trauma Healing untuk Korban Gempa Bawean

Kedua, Jambore Petani Muda (JPM) yang telah diselenggarakan sebanyak empat kali oleh perusahaan sejak 2017. Dengan total alumni mencapai 190 orang, program ini merupakan upaya perusahaan menumbuhkan minat generasi milenial terhadap dunia pertanian. Sebab peran generasi muda pada sektor ini masih terbilang rendah, padahal sektor pertanian, tak kalah prospektif dengan sektor lainnya.

“Jambore Petani Muda merupakan salah satu bentuk komitmen Petrokimia Gresik dalam membangun pertanian di Indonesia sekaligus menegaskan arah kebijakan perusahaan yang berorientasi kepada petani dan pertanian masa depan,” ujar Soesilo.

Ketiga, Program Magang Mahasiswa kerja sama dengan 6 Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yang tersebar di seluruh Indonesia sejak tahun 2019. Dimana Polbangtan merupakan Politeknik pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mendukung upaya pemerintah membangun SDM pertanian unggul yang berbasis pada pertanian modern, sekaligus menarik minat generasi muda untuk terjun ke sektor ini. Adapun ruang lingkup kerja sama ini meliputi pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan, pengembangan keterampilan mahasiswa, penyusunan kurikulum dan sistem pembelajaran, serta pengembangan teaching factory. 

Keempat, Program Magang Mahasiswa Besertifikat (PMMB) yang sudah berjalan sejak tahun 2019, kerjasama dengan Kementerian BUMN dan didukung oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dalam upaya meningkatkan daya saing tenaga kerja di Indonesia.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Kirimkan Bantuan Korban Terdampak Gempa Bumi di Pulau Bawean

Kelima, Program Vokasi Industri setara Diploma 1 bekerjasama dengan Politeknik APP Jakarta dan Politeknik ATI Makassar. Program ini merupakan wujud komitmen Petrokimia Gresik dalam mengimplementasikan instruksi Presiden RI tentang revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) guna meningkatkan kualitas SDM.

“Dalam hal ini, Petrokimia Gresik memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/SMK untuk mengikuti program pengembangan pendidikan vokasi industri yang berbasis kompetensi dan link and match,” imbuh Soesilo.

Terakhir, Soesilo memastikan bahwa Petrokimia Gresik akan terus menjalankan program pengembangan talenta unggul untuk Indonesia secara kontinyu guna menghasilkan SDM yang berkompeten.

“Kami akan terus menciptakan program inovatif agar pengembangan talenta berjalan lebih masif, sehingga ke depan tenaga kerja Indonesia mampu bersaing di pasar global,” tutupnya.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU