Petugas Berlakukan Swab Antigen di Pelabuhan Ujung Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 17 Jun 2021 12:46 WIB

Petugas Berlakukan Swab Antigen di Pelabuhan Ujung Surabaya

i

Petugas saat melakukan pemeriksaan swab antigen bagi penumpang kapal di pelabuhan Ujung Surabaya. SP/SAMMY MANTOLAS

SURABAYAPAGI, Surabaya - Selain jembatan Suramadu, petugas gabungan tracer covid-19 juga memperketat hilir mudik penumpang kapal di pelabuhan Ujung Surabaya.

Pelabuhan Ujung merupakan pintu masuk penumpang yang berasal dari Madura bila menggunakan jalur laut. Tak hanya di pelabuhan Ujung, pelabuhan Kamal Madura pun kini semakin diperketat.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Dandim 0830/Surabaya Utara, Kolonel Inf Sriyono kepada Surabaya Pagi menjelaskan, salah satu bentuk pengetatan yang dilakukan oleh petugas gabungan dari unsur TNI dan Polri adalah memberlakukan tes swab antigen bagi penumpang.

"Prosedurnya demikian, jadi warga yang mau ke Bangkalan, wajib ikut swab," kata Kolonel Inf Sriyono, Kamis (17/06/2021).

Pengecekan tersebut dilakukan untuk mendeteksi virus covid-19 sekaligus sebagai langkah preventif penyebaran virus. Karena hingga hari ini, tingkat penyebaran virus di Surabaya semakin meningkat pasca lonjakan covid-19 di Bangkalan.

Laporan Dinas Kesehatan Surabaya, menunjukan rata-rata pasien terinfeksi atau positivity rate Covid-19 harian mencapai 7 persen, yang sebelumnya hanya 5 persen di awal Juni.

Baca Juga: PJ Bupati, Serap Aspirasi dalam Musrembang Kabupaten

"Sudah ada anggota kami yang bersiaga dan bersinergi di lokasi penyeberangan," katanya.

Senada dengan itu, Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Surabaya Eva Mardiany mengaku, hingga hari ini pihaknya terus melakukan pemeriksaan tes swab antigen kepada penumpang.

"Masih kita lakukan. Jadi ada pemeriksaan [antigen] rutin setiap pagi untuk penumpang yang naik dan turun di ujung dan kamal," kata Eva melalui pesan singkat. 

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

Sebagai informasi, sebelumnya dari hasil tes yang dilakukan kepada 161 penunpang kapal di pelabuhan Kamal 4 orang diantara terkonfirmasi positif. Selanjutnya ke-4 orang tersebut dibawa oleh petugas untuk dikarantina dan proses penyembuhan lebih lanjut.

"Bagi penumpang yang positif akan dilakukan penanganan lanjutan. Tapi untuk yang negatif, akan diberi pengenal berupa stiker kecil warna kuning bertuliskan telah diperiksa Polres Bangkalan," ucapnya.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU