Petugas Gabungan Terus Lakukan Pemeriksaan di Pelabuhan Ujung dan Kamal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 14 Jun 2021 11:32 WIB

Petugas Gabungan Terus Lakukan Pemeriksaan di Pelabuhan Ujung dan Kamal

i

Petugas saat melakukan pemeriksaan di pelabuhan Ujung Surabaya.SP/SAMMY MANTOLAS

 

SURABAYAPAGI, Surabaya -Lonjakan kasus Covid-19 di wilayah Bangkalan, membuat petugas pelabuhan Kamal Madura dan Ujung Surabaya perketat pengawasan bagi penumpang kapal. 

Baca Juga: SKK Migas-PHE WMO Gelontor 1.000 Paket Sembako untuk Korban Banjir Bangkalan

PT ASDP Indonesia selaku pengelola pelabuhan, hingga hari ini terus melakukan pemeriksaan tes swab antigen.

"Masih kita lakukan. Jadi ada pemeriksaan [antigen] rutin setiap pagi untuk penumpang yang naik dan turun di ujung dan kamal," kata Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Surabaya Eva Mardiany, Senin (14/06/2021).

Guna membantu pemeriksaan tersebut, pihak ASDP bekerjasama dengan sejumlah stakeholder baik dari Polres Tanjung Perak, Polairud, rumah sakit dan tim satgas covid-19.

Sebelumnya kata Eva, dari hasil tes yang dilakukan kepada 161 penumpang kapal di pelabuhan Kamal 4 orang diantara terkonfirmasi positif. Selanjutnya ke-4 orang tersebut dibawa oleh petugas untuk dikarantina dan proses penyembuhan lebih lanjut.

Baca Juga: APMP Jatim Gelar Aksi di Kantor KPU Bangkalan

"Bagi penumpang yang positif akan dilakukan penanganan lanjutan. Tapi untuk yang negatif, akan diberi pengenal berupa stiker kecil warna kuning bertuliskan telah diperiksa Polres Bangkalan," ucapnya.

Hingga kini, petugas gabungan terus melakukan pemeriksaan secara holistik di pelabuhan. Pengetatan protokol kesehatan juga semakin ditingkatkan oleh pihak ASDP.

"Kita terus menghimbau agar penumpang tidak lengah dengan prokes, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," terangnya.

Baca Juga: Truk Kecelakaan Tunggal, Lalin Macet hingga 1 Kilometer

Sebagai informasi, pemerintah Surabaya sendiri telah menetapkan 6 rumah sakit sebagai penyangga pasien covid-19 klaster Madura. Keenam rumah sakit ini adalah RSUD dr. Soetomo, RSU Airlangga, RSU Haji Surabaya, RS PHC, RS Al-Irsyad dan RS Adi Husada Undaan. sem

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU