PHK Ratusan Karyawannya, CEO Ruangguru Minta Maaf

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 21 Nov 2022 11:54 WIB

PHK Ratusan Karyawannya, CEO Ruangguru Minta Maaf

i

CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara akhirnya menjelaskan soal kabar PHK massal di perusahaannya. Ia pun meminta maaf atas keputusan PT Ruang Raya Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawannya

Melalui Instagram pribadi terverifikasinya, Belva menuturkan kebijakan PHK tersebut adalah keputusan terberat yang harus diambil perusahaan di tengah gejolak kondisi ekonomi.

Baca Juga: Karyawan Anak Usaha PT Kapal Api, Demo, Ekses PHK Masal

"Kami meminta maaf atas kegagalan kami dalam memprediksi dan mengantisipasi situasi ekonomi yang berkembang cepat," kata Belva dalam keterangan di media sosialnya, Sabtu, (19/11/2022). Hal senada juga disampaikan oleh COO Ruangguru, Iman Usman.

Ia menyadari pada awal pandemi COVID-19, Ruangguru mengalami peningkatan permintaan yang besar yang berujung pada rekrutmen yang terlalu banyak dan cepat dalam dua tahun terakhir. Namun, situasi ekonomi belakangan ini tidak mendukung bahkan cenderung memburuk hingga berdampak besar bagi Ruangguru.

"Situasi ekonomi global belakangan ini memburuk secara drastis dan berada pada titik terendah dalam puluhan tahun terakhir, terlihat dari tingginya angka inflasi dan kenaikan suku bunga yang membuat iklim investasi dunia memburuk secara signifikan. Hal ini berdampak luas kepada komunitas startup teknologi global, termasuk kami di Ruangguru," jelasnya.

Baca Juga: OLX Autos Indonesia Diterpa Badai PHK

Namun, Belva tetap menjamin seluruh karyawan yang terdampak PHK massal akan memperoleh pesangon, penghargaan masa kerja, dan penggantian hak sesuai undang-undang yang berlaku. Para pekerja pun akan mendapatkan perpanjangan asuransi. Selanjutnya, Ruangguru akan memberikan gaji bulan terakhir secara penuh.

"Kami mengalokasikan tim rekruter Ruangguru khusus untuk memberikan dukungan pencarian perkerjaan, konsultasi psikologis, dan akses kelas pengembangan karir jika dibutuhkan," ujarnya.

Baca Juga: GoTo dan Ruangguru Perpanjang Nasib Tragis Gelombang PHK

Sebagai informasi, pekan lalu Ruangguru menyampaikan telah melakukan PHK kepada ratusan karyawannya. Dalam keterangan resminya, Ruangguru menyatakan telah melakukan PHK kepada ratusan karyawannya. Iklim pasar global yang memburuk jadi alasan PHK dilakukan.

Gelombang PHK Ruangguru terjadi saat perusahaan startup digital lain melakukan kebijakan serupa. Bersamaan dengan Ruangguru, Gojek Tokopedia atau GoTo hingga Shopee memangkas ratusan sampai ribuan pegawainya. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU