Piala AFC U-20 2023 di Depan Mata, Pemkot Surabaya Pasang Penunjuk Arah di Stadion GBT

Papan penunjuk arah menuju area Stadion GBT.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Perhelatan kualifikasi Grup F Piala AFC U-20 2023 akan digelar di stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada 14-18 September mendatang. Maka dari itu Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus melakukan pembenahan untuk menyambut ajang tersebut.

Sebelumnya, telah dilakukan  pembenahan penguatan sinyal provider, penambahan CCTV, tribun penonton, ruang wartawan, akses jalan, dan penanganan bau TPA. Saat ini, Pemkot Surabaya juga menambah papan penunjuk arah menuju ke area Stadion GBT.

Penunjuk jalan itu untuk membedakan akses antara vip area (area VIP), team entrance (pintu masuk tim official) dan Spectators Area (area penonton).

Tundjung Iswandaru selaku Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya mengatakan, terkait rambu - rambu di akses jalan menuju Stadion GBT, diupayakan rampung terpasang seluruhnya. Termasuk petunjuk arah untuk mempermudah penonton dari luar Surabaya maupun luar negeri pendukung timnas yang bertanding, tamu VIP dan tim official masuk ke stadion.

"Tentu kita penuhi fasilitas itu, mana yang arah pengunjung, tamu VIP mana yang official. Petunjuk jalan itu nanti disesuaikan jaraknya," kata Tundjung, Sabtu (10/9/2022).

Penambahan rambu petunjuk arah ini merupakan tindak lanjut dari  survei bersama antara Pemkot Surabaya dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Timur, pada Jum’at (9/9/2022). Pada saat itu, Wakil Ketua PSSI Asprov Jatim, Amir Burhanuddin menyarankan agar jalan menuju ke dalam Stadion GBT diberi petunjuk arah.

Petunjuk arah itu dipasang sesuai dengan kecepatan di jalan menuju ke Stadion GBT. Petunjuk arah dipasang di jarak yang tidak terlalu jauh dari lokasi tujuan karena kendaraan yang melaju di jalan menuju ke Stadion GBT hanya dengan kecepatan rendah.

Selain itu, akan disiapkan petugas untuk mengarahkan pada saat pelaksanaan berlangsung.

"Bukan hanya rambu, kami juga siagakan petugas untuk standby tidak jauh dari petunjuk arah tersebut. Sehingga ketika pelaksanaan berlangsung ada yang mengarahkan, biar nggak salah arah," tutur Tundjung.

Tundjung menambahkan, Dishub Kota Surabaya juga akan melakukan pengecatan marka jalan menuju ke area Stadion GBT. Saat ini, ia juga berkoordinasi dengan Satlantas Polrestabes Surabaya mengenai pengawalan tim official menuju ke Stadion GBT.

Sementara itu, Dishub Surabaya menyatakan tidak ada pengaturan arus lalu lintas khusus ketika tim official akan latihan dan bertanding di Stadion GBT dalam pelaksanaan AFC U-20 2022 mendatang.

"Saya rasa nggak ada pengaturan khusus, karena kan keluarnya nggak terlalu sering. Selama tidak diperlukan pengaturan khusus, akan kita lewatkan jalan seperti biasa, sesuai petunjuk arah. Kami koordinasikan lagi, begitu pula dengan pengawalan official," ujarnya. sb