Piala Dunia 2030, Empat Negara Amerika Selatan Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Bersama

Piala Dunia 2023

SURABAYAPAGI.COM, Zurich - Sejumlah negara di Amerika Selatan seperti Uruguay, Argentina, Paraguay dan Chile mengajukan diri untuk menghelat pesta sepakbola terbesar di dunia, Piala Dunia FIFA2030 yang akan digelar delapan tahun lagi. Bahkan niat Uruguay, Argentina, Paraguay, dan Chili untuk mengajukan tawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA 2030 telah lama dibuat.

 Di Piala Dunia 2030, genap 100 tahun Piala Dunia diadakan. Pada tahun 1930, Uruguay menjadi tuan rumah Piala Dunia sekaligus memenangkan juara.

 "Ini adalah impian sebuah benua," kata Alejandro Dominguez, presiden Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL), dalam sebuah acara di Stadion Centenario Montevideo, Uruguay, Rabu (3/8/2022).

 “Bakal ada banyak Piala Dunia, tetapi Piala Dunia menjadi 100 tahun hanya sekali, dan itu perlu kembali pulang (ke Uruguay),” kata Dominguez.

 Apabila pencalonan itu sukses, maka itu akan menjadi kali pertama Piala Dunia kembali diselenggarakan di Uruguay tepat satu abad setelah edisi perdana pada 1930.

 "Ini agar Piala Dunia kembali diselenggarakan lagi di tempat ia bermula 100 tahun kemudian," kata Presiden Asosiasi Sepak Bola Uruguay (UFA) Ignacio Alonso.

 Dari empat negara itu, hanya Paraguay yang belum pernah menjadi tuan rumah. Selain Uruguay pada Piala Dunia 1930, Argentina dan Chile kemudian menjadi penyelenggara masing-masing pada 1978 dan 1962.

 Dominguez menganggap FIFA punya cukup pertimbangan untuk menerima tuan rumah bersama empat negara Amerika Selatan. Pasalnya, Piala Dunia tersebut digelar empat tahun setelah Piala Dunia 2026 yang dihelat di tiga negara di Amerika Utara-Tengah, yakni Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

 Dominguez juga meyakaini bahwa keempat negara tersebut sudah memiliki syarat yang lebih dari cukup untuk menggelar turnamen sekelas Piala Dunia.

 Diketahui sebellumnya Brasil adalah negara Amerika Selatan terakhir yang menjadi tuan rumah Piala Dunia, tepatnya pada tahun 2014 silam.

Pada tahun 1930 hanya ada 13 tim dan seluruh turnamen dimainkan di kota yang sama Montevideo dan hanya di tiga stadion.

 Pada tahun 2030 akan ada 48 tim dengan sekitar 15 stadion yang digunakan di empat negara tersebut.

 Jika berhasil, itu akan menjadi pertama kalinya sebanyak empat negara menjadi tuan rumah Piala Dunia.

 Tuan rumah Piala Dunia bersama untuk kali pertama digelar pada 2002 di Jepang dan Korea Selatan. Edisi tahun itu menginspirasi Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko untuk edisi 2026 dan kini empat negara dari Amerika Selatan dan Spanyol-Portugal turut ambil bagian.

 Di luar Piala Dunia, Piala Eropa pernah digelar di Belanda-Belgia pada 2000 dan Polandia-Ukraina pada 2022. Di Asia, Indonesia pernah menjadi tuan rumah Piala Asia 2007 bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam

Namun, pencalonan 4 negara CONMEBOL ini akan mendapat saingan kuat. Pesaing mereka adalah Spanyol dan Portugal yang juga sudah resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama pada Juli lalu. sb