Pilkada 2020, Kades Banuaju Barat Pilih Bersikap Netral

Foto : kepala Desa Banuaju Barat, Ach, Suninto saat ditemui Reporter Surabaya Pagi dikediamannya (Ft. Ainur Rahman/ SP)

SURABAYA PAGI, Sumenep - Kepala Desa Banuaju Barat Kecamatan Batang-Batang Kab Sumenep, Suninto mengatakan, bahwa beberapa hari kemarin pihaknya didatangi paslon Wakil Bupati Sumenep, Kiai Ali Fikri A. Warist, selain itu beliau mengunjungi beberapa alumni pondok pesantren Annuqayah yang ada di daerah Banuaju Barat.

Kedatangan Kiai Ali Fikri A. Warits bersama istrinya itu bermaksud mencari dukungan suara pada pilkada nanti, sebab mayoritas di daerah Banuaju Barat itu banyak yang lulusan Annuqayah. “ Jadi masyarakat sepertinya sudah lebih cenderung ke beliau, kalau ke Pak Fattah masyarakat kurang banyak tahu, mungkin karena mereka tidak memiliki ikatan emosional sehingga lebih kenal ke kiai Ali Fikri saja”  katanya kepada Surabaya pagi Senin (5/10/2020). 

"Saya sebagai Kepala Desa lebih memilh diam, justru cenderung mengamati  antusias masyarakat dalam berkampanye dan menceritakan dukungan terhadap paslon tersebut " imbuhnya.

 Dikatakan Kades Banuaju Barat, Masyarakatnya dibebaskan dalam menentukan pilihan paslon dalam pemilihan kepala Daerah (Pilkada) Kab Sumenep, karena masyarakat sudah mengenal siapa yang layak untuk dipilih, apalagi mereka sudah mengetahui paslon yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab Sumenep.

 "Jadi sambung Kades, Masyarakatnya dihimbau agar pada tanggal 9 Desember mendatang menggunakan hak pilihnya dengan benar, sebab satu suara dapat menentukan keberlangsungan kab. Sumenep lebih baik dan sejahtera" urainya

Kata dia, pihaknya menghimbau kepada warganya, agar menggunakan hak suaranya dengan benar. Sebab wajib memilih pemimpin yang benar dan dianggap mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya Kab Sumenep.

"Sebagai kepala Desa tentu harus bersikap Netral dalam berpolitik, karena bentuk dukungan masyarakat sesuai dengan selera mereka, sama dengan Pilkades juga, tidak semua warga mendukung saya" ujarnya.

Sekitar kurang lebih 2200 warga Banuaju Barat Kecamatan Batang-batang ia bebaskan memilih pasangan paslon. “Yang terpenting pilkada 2020 membawa kedamaian dan kenyamanan bagi para pendukungnya khususnya di desa Banuaju Barat dan Kabupaten pada umumnya” pungkasnya. Ar