Pilkades Serentak dan PAW 2021 Pamekasan Ditunda

Bupati Pamekasan, H. Baddrut Tamam.

SURABAYAPAGI.COM, Pamekasan - Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) dan pemilihan antar waktu (PAW) tahun 2021 di Pamekasan kembali ditunda.

"Berdasarkan hasil rapat panitia pilkades kabupaten, panitia pilkades serentak tahun 2021 memberikan rekomendasi kepada saya untuk menerbitkan surat keputusan bupati tentang perubahan kedua atas keputusan bupati nomor 188/297/432.013/2021 tentang jadwal tahapan pelaksanaan pilkades serentak tahun 2021," ujar Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, Minggu (10/10).

Adapun perubahan tersebut berupa jadwal tahapan pelaksanaan pilkades serentak dan PAW tahun 2021 ditunda sampai dengan ditetapkannya kebijakan lebih lanjut dengan cakupan realisasi vaksinasi di desa-desa sampai dengan 70 persen.

Surat yang diteken Totok Hartono sebagai ketua panitia pilkades serentak dan PAW tahun 2021 tingkat kabupaten dan sekretaris Achmad Faisol tersebut berisi penundaan pelaksanaan pilkades serentak dan PAW 2021 tidak membatalkan tahapan pilkades sebelumnya.

Selain itu, penundaan pesta demokrasi tingkat desa dilakukan karena surat dari Kemendagri agar melaksanakan vaksinasi secara masif di tingkat desa untuk melindungi masyarakat dari virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Cina, itu.

"Perubahan jadwal tahapan sebagaimana dimaksud dapat dikonsultasikan pada kepanitiaan kecamatan atau panitia pemilihan kabupaten," kata Baddrut. 

Keputusan tersebut merupakan hasil rapat bersama terkait pilkades serentak dan PAW tahun 2021 yang digelar Bupati Pamekasan. Baddrut didampingi forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) serta panitia pilkades tingkat kabupaten, dan diikuti oleh forum koordinasi pimpinan kecamatan (forkopimka) di rapat yang berlangsung secara virtual itu.