Pilkades Serentak Kabupaten Pasuruan Masuk Tahap Pencanangan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 10 Jun 2021 16:51 WIB

Pilkades Serentak Kabupaten Pasuruan Masuk Tahap Pencanangan

i

Proses pencanangan pilkades serentak di pendopo kabupaten, Kamis (10/6/2021).

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menyatakan, tahapan pilkades serentak yang akan digelar di 55 desa sudah memasuki tahap pencanangan.

Namun demikian, Irsyad menekankan dengan adanya pencanangan tersebut, bisa memberikan pemahaman lebih utuh kepada masyarakat.

Baca Juga: Polres Blitar Gelar Turunkan Ratusan Personil Baik Polri dan TNI

“Harapannya masyarakat yang ada di 21 kecamatan dan 55 desa yang akan melaksanakan pilkades ini paham tahapan-tahapannya apa saja. Sehingga, calon bisa mengerti, masyarakat juga paham, dan membantu panitia melaksanakan tahapan-tahapan pilkades,” terang Irsyad usai proses pencanangan pilkades serentak di pendopo kabupaten, Kamis (10/6/2021).

Irsyad menambahkan, Pemkab bersama TNI-Polri berkewajiban menjaga keamanan dan ketertiban selama pilkades serentak berlangsung. Terkait pelaksanaan pilkades di masa pandemi covid-19, hal ini juga menjadi perhatiannya.

“Terutama, dalam penerapan protokol kesehatan karena di masa pandemi covid-19. Intinya bagaimana pelaksanaanya bisa lancar maupun antisipasi dari pelaksanaan pilkades di masa pandemi,” sambungnya.

“Makanya kami dengan TNI-Polri, tidak bisa berdiri sendiri, pemerintah kabupaten kecamatan sampai desa. TNI-Polri ini penting untuk menjaga kondusifitas wilayah. Maka dari itu, kami beri dukungan dan support kepada TNI-Polri membantu dan mendukung suksesnya pilkades serentak,” beber Irsyad, saat ditanya antisipasi konflik saat pilkades.

Irsyad menjelaskan, nantinya TNI-Polri akan memetakan sejumlah daerah yang rawan konflik. Sehingga bisa diantisipasi konflik yang timbul dari pelaksanaan pilkades.

Baca Juga: Polres Blitar Kota Siagakan Ratusan Pasukan Keamanan dan Persiapkan Team Saber Judi

“Nanti akan kita lihat perkembangannya, makanya TNI-Polri juga memetakan tingkat kerawanan-kerawanannya,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Nurul Huda membeberkan, setelah tahap pencanangan pihaknya akan melaksanakan sosialisasi.

“Secara teknis, dari pemkab ke sekcam, kasi pem, sampai ke tingkat desa. Kemudian dilakukan pembentukan panitia pilkades tingkat desa, sosialisasi kami,” beber Nurul.

Baca Juga: Pemkab Blitar dengan Jajaran TNI/POLRI Gelar Apel Pasukan untuk Pengamanan

Adapun hari H pilkades serentak akan digelar pada 3 November mendatang. Yakni, pemilihan langsung oleh masyarakat di TPS.

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU