PLN UIT JBM Sukses Lakukan Pelayanan Optimal Salurkan Pasokan Listrik Support FIFA World Cup U-17 di Stadion GBT

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 05 Des 2023 17:16 WIB

PLN UIT JBM Sukses Lakukan Pelayanan Optimal Salurkan Pasokan Listrik Support FIFA World Cup U-17 di Stadion GBT

SurabayaPagi, Surabaya - PT PLN (Persero) sukses memasok listrik andal tanpa kedip (zero down time) selama penyelenggaraan FIFA World Cup U-17, mulai dari tahap penyisihan hingga babak final yang berlangsung di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Solo. 

PLN telah memberikan dukungan maksimal pada pertandingan FIFA World Cup U-17 berlangsung hingga final pada akhir pekan lalu, Sabtu (2/12/2023) di stadion Manahan, Solo.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM), Amiruddin menyebut, dalam penyelenggaraan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), keandalan pasokan utama kebutuhan listrik disalurkan dari Sub Sistem Gresik - Krian yaitu Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Krian. 

“Pasokan utama untuk Stadion GBT berasal dari GITET 500 kV Krian yang disalurkan ke Gardu Induk (GI) Altaprima melalui trafo 1 sebesar 60 MVA (Mega Volt Ampere), selain juga disediakan backup dari Trafo 2 GI Altaprima, dan GI Sambikerep," ungkap Amiruddin.

Amiruddin mengungkapkan, GITET 500 kV Krian sendiri sebelumnya telah secara bertahap dilakukan pembaruan material sehingga tidak hanya memastikan keandalan untuk keamanan selama penyelenggaraan FIFA U-17, juga untuk keandalan sistem kelistrikan Jawa - Bali.

“Pembaruan material di GITET 500 kV Krian secara bertahap dilakukan sejak Oktober pada Interbus Trafo 1 yang sudah beroperasi sejak tahun 1997 atau selama 26 tahun. Pekerjaan ini berlangsung lancar selama 3 pekan telah melewati berbagai pengujian mulai dari Primary Injection hingga Secondary Injection dengan banyak rangkaian proses yang dikawal ketat dan berhasil energize pada 06.26 WIB, tepat sehari sebelum pembukaan U-17 di stadion GBT," terang Amiruddin.

Amiruddin memaparkan, trafo IBT merupakan bagian dari GI yang berfungsi menyalurkan tenaga atau daya listrik dari tegangan tinggi ke tegangan rendah atau sebaliknya. 

“GITET 500 kV Krian sebagai sistem Interkonkesi Jawa-Bali yang memiliki 6 Trafo IBT. Trafo IBT 1 Krian berkapasitas 500 MVA dapat mengaliri listrik kurang lebih 384.000 pelanggan rumah tangga dengan daya 1.300 VA, termasuk sebagai salah satu trafo yang menyuplai kelistrikan wilayah Krian, Gresik, Surabaya, Sidoarjo juga Madura. Pembaruan material dilakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan atau anomali pada material yang akan mengganggu keandalan listrik," paparnya.

Amiruddin menambahkan selama pekerjaan berlangsung tidak dilakukan adanya pemadaman pada konsumen.

“PLN berkomitmen terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan, sehingga pembaruan material secara bertahap ini dilakukan agar penyaluran listrik kepada masyarakat & Konsumen Tingkat Tinggi (KTT) tidak terganggu sebagai wujud dukungan pada roda perekonomian, juga kesiapan mendukung penuh perhelatan event-event besar nasional maupun internasional seperti FIFA World Cup U-17 yang berjalan sukses," pungkas Amiruddin. Byb

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU