PLN Wujudkan Good Corporate Governance Melalui Implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 04 Des 2022 10:11 WIB

PLN Wujudkan Good Corporate Governance Melalui Implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan

SurabayaPagi, Surabaya - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur konsisten implementasikan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dalam proses bisnis maupun pelayanan untuk mencegah praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dengan mengedepankan prinsip Good Corporate Governance (GCG).

Melalui partisipasi pada rangkaian kegiatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2022 di Jawa Timur pada 1 - 2 Desember 2022 di Alun-alun Kota Surabaya, PLN mengkampanyekan kepada publik akan transparansi layanan dan sistem operasi yang berjalan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri memberikan apresiasi atas transformasi layanan PLN dan implementasi budaya anti korupsi.

“Transformasi PLN melalui digitalisasi ini sangat bagus. Seperti kampanye penggunaan kendaraan listrik yang terus digalakkan PLN, kami berharap kedepannya terus konsisten, serius menumbuhkan iklim kendaraan listrik,” papar Firli.

Ia pun mendukung upaya PLN untuk memperbanyak infrastruktur kelistrikan untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Implementasi SMAP bukan hanya sekedar aturan yang harus dilaksanakan melainkan merupakan kewajiban yang membudaya dan diterapkan dalam kesehariann di lingkungan PLN UID Jawa Timur. General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran mencontohkan implementasi SMAP dalam proses pengadaan di PLN.

“Transformasi digital dalam proses pengadaan PLN akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan informasi yang diperlukan. Tentunya, pengembangan proses ini dilakukan berdasarkan peraturan yang berlaku untuk mengurangi kemungkinan terjadinya fraud dalam proses berjalan,” terang Lasiran.

Ia menambahkan melalui sistem, proses dan separangkat peraturan ini dapat digunakan untuk mengatur hubungan antara berbagai pihak yang berkepentingan sehingga dapat mendorong kinerja perusahaan bekerja secara efisien, menghasilkan nilai ekonomi jangka panjang yang berkesinambungan bagi para pemegang saham maupun masyarakat sekitar secara keseluruhan. Byb

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU