PMI Jember Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 14 Feb 2021 18:18 WIB

PMI Jember Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

i

Salah seorang warga tengah diperiksa kesehatannya. SP/Nyot

 

SURABAYAPAGI.COM, Jember - PMI Kabupaten Jember menggelar Bhakti Sosial pemeriksaan kesehatan gratis kepada puluhan warga korban bencana banjir sungai Bedadung yang ada di Jalan Wahid Hasyim Gang XVII RW 02, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Minggu (14/2).

Baca Juga: Polda Jatim Berangkatkan 50.789 Paket Bantuan Kemanusiaan

Dari 41 warga yang memeriksakan kesehatannya, sebagian besar dari kalangan ibu rumah tangga.

“Alhamdulillah Ya Allah saya masih diberi kesehatan, bisa bersih bersih rumah lagi, mencuci pakaian dan perabotan yang kotor,”ucapan spontanitas warga bernama Siti Aida (42) yang menjalani pemeriksaan kesehatan pertama kali oleh tim medis dari Klinik Pratama PMI Jember.

Sejak banjir sungai Bedadung menerjang rumahnya, Siti Aida hampir setiap hari membersihkan rumahnya dari lumpur pekat yang masih berserakan bersama suami serta keluarganya yang peduli dengan musibah kemarin. 

Dari pemeriksaan kesehatan oleh PMI Jember, rata rata warga mengeluhkan, flu, pusing, pilek dan diare sehingga dokter yang bertugas melakukan pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan asam urat. 

Baca Juga: Polresta Sidoarjo Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Demak

“Setelah bersih bersih rumah banyak masyarakat mengeluhkan kesehatannya, jadi kami berusaha membantu mereka untuk mengontrol kesehatannya dan kegiatan ini sangat membantu warga pasca bencana banjir sungai Bedadung,” tutur Drg Ayu Dwi Anggraheni, Kepala Unit Klinik Pratama, PMI Jember.   

Pemeriksaan kesehatan juga dilakukan Tim Medis PMI Jember dengan mendatangi rumah rumah warga yang tidak bisa datang ke lokasi Bhakti Sosial dikarenakan sakit dan sudah lanjut usia. Upaya tersebut sebagai bentuk kepedulian membantu masyarakat pasca bencana selain juga memberi paket sembako pada warga sekitar. 

“Selain disini, kita juga datangi warga yang sakit dan sudah lanjut usia yang ada di rumahnya sembari memberi bantuan berupa paket sembako pada mereka,” tambah Ayu Dwi Anggraheni. Nyot

Baca Juga: PMI Ngawi Jemput Bola Layani Donor Darah

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU