PMI Kota Kediri gelar Donor Darah Massal

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat berada di Kantor PMI Kota Kediri.

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Kediri menyelenggarakan kegiatan donor darah umum dan skrining donor plasma konvalesen. Kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari (17-18 September 2021) itu dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-76 PMI yang jatuh pada tanggal 17 September 2021.9.16

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan selamat ulang tahun ke-76 PMI, dan berharap UDD PMI Kota Kediri dapat lebih meningkatkan pelayanan dengan prima.

“Donor darah saat ini tidak hanya urusan gaya hidup sehat, namun juga membantu sesama. Terutama selama pandemi, tidak sedikit pasien Covid-19 yang membutuhkan plasma konvalesen yang kini bisa dilayani di UDD PMI Kota Kediri. Di usia ke-76 tahun ini, kami berharap PMI Kota Kediri tetap memberikan pelayanan dengan baik,” ujar Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri, Kamis (16/9).

Kepala UDD PMI Kota Kediri dr. Ira Widiastuti menyampaikan, nantinya 300 pendonor pertama akan mendapat goodie bag sembako dan juga berkesempatan memenangkan undian berhadiah, sebagai bentuk rangsangan bagi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan.

“Jadi, selain kegiatan donor darah dan skrining plasma konvalesen massal ini, kami juga mengadakan undian berhadiah bagi pendonor mulai bulan September dan akan diundi pada 1 Oktober 2021,” ujar dr. Ira.

Selanjutnya, untuk menghindari kerumunan saat antrean donor darah, Ira menyampaikan bahwa donor darah akan dilayani hingga pukul 19.00 WIB. Selain itu, juga telah disiapkan kartu antrean untuk mengontrol jumlah pendonor yang sudah hadir serta disediakan tenda antrean di luar Kantor UDD PMI.

“Jadi, para pendonor tidak perlu terburu-buru datang ke kantor, karena akan tetap kami layani sampai pukul 19.00 WIB. Selain itu, nanti apabila yang mengantre di dalam ruang tunggu mencapai lebih dari 20 orang, maka kami akan membuka tambahan bed selain dari 4 bed yang sudah kami sediakan,” tambah Ira.

Ira juga menyampaikan bahwa saat ini banyak generasi muda yang mulai ikut menjadikan donor darah sebagai gaya hidup sehat mereka. Tidak heran jika saat ini UDD PMI Kota Kediri telah mencatat sekitar 4.000 warga Kota Kediri menjadi pendonor rutin.