PMI Sidoarjo Kekurangan Stok Darah O

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 02 Jun 2021 19:07 WIB

PMI Sidoarjo Kekurangan Stok Darah O

i

Kegiatan donor darah di PMI Sidoarjo

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Sejak pandemi covid-19 mulai menyebar, banyak warga yang khawatir bahkan takut untuk melakukan donor darah. Alhasil stok darah di beberapa wilayah sempat menipis.

Namun, seiring berjalannya waktu warga kini mulai memberanikan diri melakukan donor darah terlebih semenjak vaksinasi covid-19 dilakukan. Kendati demikian, PMI sidoarjo saat ini masih kekurangan stok darah golongan O.

Baca Juga: Aksi Heroik Sang Petualang Mudik Gunakan Sepeda Motor Antar Pulau

"Hari ini stok darah di kantor kami memang sangat kritis. Apalagi untuk golongan darah O yang hanya tersisa sebelas kantong saja. Padahal rata-rata kebutuhannya sebanyak 50 kantong. Jadi kondisi ini sangat kritis," kata Kepala UTD PMI Sidoarjo Asyik Yusak di sela-sela kegiatan donor darah anggota Sub Denpom V/4-1 Sidoarjo, Rabu (2/6/2021).

"Sementara itu untuk stok plasma konvalesen tersisa enam kantong. Itu pun hanya untuk golongan darah A saja. Sampai saat ini untuk kebutuhan plasma konvalesen di Sidoarjo memang landai. Semoga hal ini mengindikasikan bahwa pandemi ini segera berakhir," jelas Asyik.

Baca Juga: Stabilkan Harga Sembako Jelang Idul Fitri, Pemkab Sidoarjo Gelar Gerakan Pangan Murah

Sementara Komandan Sub Denpom V/4-1 Sidoarjo Kapten Cpm Rifan Nurhasyim mengatakan, pihaknya tergerak mendonorkan darah. Apalagi setelah mendengar informasi bahwa stok darah di PMI Sidoarjo kritis.

Aksi sosial ini juga merupakan rangkaian menyambut hari ulang tahun polisi militer yang ke-75.

Baca Juga: Pemdes Tanggul Wonoayu, Salurkan BLT-DD Kepada 35 KPM

"Aksi donor darah ini merupakan arahan dari Dan Pomdam V Brawijaya. Selain dari unsur TNI, kami juga menggandeng Polri dan organisasi masyarakat yang ada di Kota Sidoarjo," kata Rifan.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU