PMWI Jatim Berkomitmen Tingkatkan Iklim Wirausaha

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 15 Mar 2023 15:54 WIB

PMWI Jatim Berkomitmen Tingkatkan Iklim Wirausaha

i

Kegiatan pelantikan pengurus PMWI Jatim di Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, Selasa (14/3/2023). Foto: Diskop UKM Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Persatuan Mahasiswa Wirausaha Indonesia Jawa Timur (PMWI Jatim) melaksanakan pelantikan pengurus dan rapat kerja di Co-Working Space Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur pada Selasa (14/3/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim Andromeda Qomariah. Dalam kesempatan itu, Andromeda memberikan apresiasi kepada PMWI Jatim karena telah mendukung berkembangnya iklim wirausaha.

Baca Juga: Dukung UMKM Go Digital, Diskop dan UKM Jatim Permudah Beragam Layanan

Ia menyebut, Pemerintah Indonesia memiliki target membangun rasio wirausahawan baru hingga sebesar 3,9 persen dari keseluruhan jumlah penduduk Indonesia.

“Organisasi kewirausahaan seperti ini dapat mendukung iklim wirausaha agar semakin tumbuh dan berkembang, khususnya turut membantu Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim yang memiliki tujuan dan peran penting dalam hal serupa,” kata Andromeda.

Andromeda pun berpesan kepada para pengurus PMWI Jatim yang baru dilantik agar organisasi ini dapat seterusnya membantu pemerintah dalam membentuk ekosistem wirausaha yang tangguh terlebih di kalangan para generasi muda.

“Kami berharap, PMWI dapat terus berkelanjutan untuk membantu percepatan pertumbuhan wirausaha di Jawa Timur serta menghasilkan kolaborasi-kolaborasi ekonomi yang ideal,” harapnya.

Baca Juga: Diskop UKM Jatim Gelar Workshop Managerial Fasilitasi Penguatan Usaha

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPP PMWI Triyana Purnama mewakili Ketua Umum PMWI Pusat menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Jawa Timur memiliki rasio hingga 71,65 persen penduduk dengan usia produktif. Artinya, bonus demografi ini dapat menjadi peluang sekaligus tantangan jika tidak dimanfaatkan seoptimal mungkin.

Maka dari itu, DPD PMWI Jawa Timur dibentuk sebagai lokomotif pergerakan wirausaha muda Provinsi Jatim yang senantiasa membuka ruang-ruang kolaborasi dengan pihak manapun, termasuk dengan Pemerintah Provinsi sebagai mitra strategisnya.

“Dengan pelantikan pengurus baru dan raker ini semoga dapat menjadi pintu awal dari segala gerakan ekonomi kerakyatan dimulai,” ujar Triyana.

Baca Juga: Diskop-UKM Jatim Dukung Pengembangan Koperasi di Kota Malang

Di samping itu, Ketua DPD PMWI Jatim Bagas menyatakan bahwa organisasi PMWI sendiri lahir dari keresahan dan keinginan para pimpinan di perguruan tinggi yang menginginkan adanya wadah untuk para mahasiswa wirausahawan.

Oleh sebab itu, lanjut Bagas, PMWI hadir dan membentuk kepengurusan di tiap daerah sebagai tempat bernaung seluruh mahasiswa wirausaha Indonesia.

“Agar ke depannya dapat membantu membuka peluang berjejaring serta meningkatkan ekonomi di kalangan para wirausahawan muda,” terang Bagas. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU