PNBP Imigrasi Tanjung Perak Per April 2021 Capai Rp 735 juta

Sumbangan terbesar PNBP Imigrasi Tanjung Perak berasal dari layanan paspor dn dokumen perjalanan . SP/SAMMY MANTOLAS

SURABAYAPAGI, Surabaya - Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, pada bulan April 2021, mencapai Rp735.450.000

Menurut Kepala sub seksi Informasi dan Komunikasi Ronald Mubarak, penerimaan ini berasal dari beberapa bidang layanan diantaranya adalah layanan paspor dan pengajuan visa untuk orang asing (WNA).

"Ini capaian kita sepanjang bulan November, Desember 2020 ini kita kita upayakan untuk terus meningkat," kata Ronald Mubarok kepada Surabaya Pagi, Minggu (23/05/2021).

Dilansir dari Surabayapagi.com, total layanan dokumen perjalan di Imigrasi Tanjung Perak selama bulan April 2021 mencapai 1.766 dokumen. Jumlah inilah yang kemudian berpengaruh pada PNBP imigrasi Tanjung Perak.

Kendati begitu, bila dibandingkan dengan bulan Maret 2021 kata Ronald, PNBP mengalami penurunan lebih dari Rp100 juta. PNBP pada bulan Maret 2021 misalnya, mencapai Rp896.900.000 dengan total layanan dokumen sebanyak 2.290 dokumen.

"Banyak faktor yang mempengaruhi alasan turunnya PNBP. Salah satunya yaitu larangan mudik pemerintah. Kan April mulai rame tuh," katanya.

Walau dari PNBP mengalami penurunan secara month to month (MoM), namun untuk indeks kepuasan masyarakat mengalami kenaikan yang sangat positif.

Bulan Maret 2021 misalnya, indeks kepuasan masyarakat dari skala 1 hingga 20, berada diangka 18,66. Sementara dibulan April, naik menjadi 19,53 dari skala 20.

"Artinya apa, artinya masyarakat sangat puas dengan layanan yang ada di kantor imigrasi kelas I TPI Tanjung Perak," katanya.

Dengan adanya indeks kepuasaan masyarakat yang sangat baik, Ronald optimis tahun ini pihaknya akan berhasil meraih predikat Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Dengan menggaungkan slogan Mantap yang berarti melayani tanpa pamrih, Ia optimis akan menorehkan hasil tersebut.

"Untuk WBK sudah kita raih, tahun ini harus WBBM," pungkasnya.sem