Podcast KataNone Beri Efek Positif pada UMKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 12 Mei 2020 10:10 WIB

Podcast KataNone Beri Efek Positif pada UMKM

i

Podcast KataNone merupakan sarana komunikasi terbaru bagi Irman untuk menyapa warga masyarakat. SP. SN

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Hampir semua lini kehidupan runtuh akibat pandemi COVID-19. Tak terkecuali sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal itu yang dirasakan seorang penjual peyek asal Makassar, Yuni.

Dahulu, sebelum wabah melanda, setiap harinya Yuni mampu menjual sedikitnya 200 bungkus peyek.

Baca Juga: Pasokan Migor Curah Menipis, Kemendag: Masih Mencukupi, Bisa Pakai ‘Second Brand’

Namun, ketika corona mulai "menggila", Yuni tidak ada pilihan lain. Jualannya benar-benar terhenti. "Karena sekolah kan libur. Jadi, otomatis tidak ada tempat bagi saya menitipkan dagangan," jelasnya, selasa (12/5/2020).

Baca Juga: Perajin Kaligrafi di Tulungagung Banjir Pesanan, Tembus Qatar dan Amerika

Menurut Irman Yasin Limpo, Yuni tidak sendiri. Mayoritas UMKM pasti mengalami hal yang sama selama pandemi berlangsung. Apalagi di beberapa kota telah ditetapkan status PSBB. Sehingga mempersulit orang untuk berinteraksi.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Lebih lanjut, adik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo itu mengatakan UMKM harus menjadi pondasi perekonomian rakyat. Sehingga harus survive. "Untuk itu dengan pembelajaran dari Covid ini perlu disiapkan regulasi dan strategi khusus untuk UMKM. Jangka pendek saya membantu dengan promosi di podcast KataNone, minimal bisa bertahan dalam situasi wabah Covid 19," tegasnya.

Podcast KataNone merupakan sarana komunikasi terbaru bagi Irman untuk menyapa warga masyarakat. Ada beberapa segmen dalam tayangan tiap harinya. Mulai dari diskusi, endorse UMKM, hingga kuis. "Endorse UMKM ini gratis sebagai upaya membantu masyarakat kecil dan menengah. Setiap harinya ada lebih dari 5 produk masyarakat yang dikenalkan," tegasnya. sb/dsy

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU