Pohon Roboh, 3 Rumah Rusak Parah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 11 Apr 2021 18:28 WIB

Pohon Roboh, 3 Rumah Rusak Parah

i

Warga membantu mengevakuasi pohon yang roboh.

 

SURABAYAPAGI.COM, Probolinggo - Sebuah pohon roboh pasca dihantam angin puting beliung pada Sabtu (10/4). ukuran pohon yang terlalu besar membuat sebanyak 3 rumah warga di Desa Blado Wetan Banyuanyar, Ponorogo rusak parah.

Baca Juga: Pemkab Probolinggo Alokasikan Rp 2 M untuk Tekan Inflasi

“Kejadiannya sekitar pukul 04.00 sore. Saat itu, ada angin puting beliung yang melintas di sana. Pohon yang besar kemudian tumbang ke rumah mereka yang letaknya berdampingan,” tutur Abdul Rochim, salah satu warga pada Minggu (11/4).

Pohon tumbang dengan ukuran besar, merusak atap rumah. Beruntung, dinding rumah yang dari tembok batu bata mampu menahan pohon tumbang. Kerusakan terjadi pada material kayu dan genteng rumah.

Petugas gabungan dari TRC PB, Pramuka,Tagana,TNI, perangkat desa, dan Agen PB Jatim membersihkan material kayu pada Minggu siang. Mereka dibantu oleh Banser Tanggal Bencana (Bahana) PC GP Ansor Kota Kraksaan dan warga setempat.

Baca Juga: Maling Motor di Probolinggo Diamuk Massa

Pohon yang menimpa rumah dipotong-potong untuk memudahkan evakuasi material.

“Tidak ada korban jiwa, ketika kejadian itu (puting beliung), pemilik rumah sempat berlari keluar. Hanya kerusakan material seperti genteng dan atap kayu. Tadi sahabat-sahabat Ansor bersama petugas membantu membersihkan material,” kata pria yang juga Waki Sekretaris Bidang Kebanseran PC GP Ansor Kota Kraksaan itu.

Berdasarkan asesmen petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, ada 2 rumah yang rusak berat. Yakni atas nama Suada dan Masfil. Sedangkan rumah Suida, kerusakannya dikategorikan sedang.

Baca Juga: Diguyur Hujan Sejak Awal Ramadhan, Warga Lamongan Was-was Banyak Pohon Tumbang di Jalan

“Selain membersihkan material kayu, kami juga memberikan makanan cepat saji kepada korban. Serta terpal yang dapat digunakan untuk menutup atap rumah. Sampai nanti ada perbaikan secara permanen,” kata Sugeng Suprisayoga selaku Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU