Pohon Tumbang, Lalu Lintas Macet Total

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Nov 2021 18:57 WIB

Pohon Tumbang, Lalu Lintas Macet Total

i

Petugas berupaya mengevakuasi pohon tumbang yang menutup badan jalan.

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Sebuah pohon karet  ukuran besar  di Jalur Pantura Situbondo, tepatnya di Jalan Raya Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Situbondo, Senin (1/11/2021) tumbang.

Pohon tersebut tumbang setelah diguyur hujan lebat disertai angin kencang.

Baca Juga: Pemkab Situbondo Gelar Gerakan Pangan Murah

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat tumbangnya pohon tersebut. Kendati demikian, arus lalu lintas di sekitar lokasi sempat macet total karena pohon yang tumbang menutupi badan jalan.

Arus lalulintas kembali lancar, setelah aparat kepolisian bersama personel Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan petugas Tagana Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Situbondo dan dibantu warga sekitar, berhasil mengevakuasi pohon tumbang tersebut dari tengah jalan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tumbangnya pohon tersebut. Sebab saat kejadian, arus lalulintas yang menghubungkan antara Situbondo-Banyuwangi  dalam kondisi sepi.

Diperoleh keterangan, pohon besar itu tumbang sekitar pukul 10.00  WIB. Saat kejadian kawasan Situbondo diguyur hujan disertai dengan angin kencang. Sehingga pohon karet  yang kondisi akarnya mulai rapuh langsung tumbang.

Baca Juga: Menyeberang ke Madura, Pelabuhan Jangkar Situbondo Mulai Batasi Kendaraan Logistik

“Saat kejadian, saya sedang mengemudikan truk dari arah barat, namun tiba-tiba pohon di depan tumbang di depan. Sehingga saya langsung menghentikan laju truk,” kata Marwito, sopir truk asal Pasuruan, Sabtu (1/11/2021).

Begitu  ada informasi pohon tumbang petugas Polsek Kapongan, Satlantas Polres Situbondo bersama petugas BPBD dan Tagana Dinsos Situbondo ke lokasi kejadian. Mereka langsung memotong dan mengevakuasi pohon tumbang tersebut.

“Setelah pohon tumbang berhasil dievakuasi, arus lalulintas di jalur Pantura Situbondo kembali lancar. Namun sebelumnya untuk mengurai kemacetan arus lalin, petugas memberlakukan sistem buka tutup,” ujar Iptu Nanang Priyambodo, Kapolsek Kapongan.

Baca Juga: Remaja di Situbondo Jadi Korban Ledakan Mercon, Racik Sendiri dari Tutorial Youtube

Menurut dia, pohon karet berukuran besar itu tumbang akibat akarnya mulai rapuh, karena dibawahnya sering dibakar sampah oleh warga setempat.

“Selain itu juga diguyur hujan sekitar lima jam,”pungkasnya.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU