Polisi Gerebek Balap Liar di Jombang, Puluhan Motor Diamankan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 07 Sep 2020 17:50 WIB

Polisi Gerebek Balap Liar di Jombang, Puluhan Motor Diamankan

i

Puluhan motor saat diamankan polisi. (SP/Ist) 

 

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Balap liar yang kerap terjadi di Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sehingga membuat warga resah, akhirnya digerebek polisi. 

Baca Juga: Kesadaran Politik Anak Muda Makin Tumbuh, Santri Jombang Antusias Diskusi Bareng Gus Sadad

Penggerebekan dilakukan oleh polisi sekitar pukul 06.00 WIB pagi, pada Senin, (07/9/2020). Hasil dari penggerebekan itu, polisi berhasil menindak sebanyak 66 kendaraan. 

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Haris Darma Sucipto mengatakan, bahwa terungkapnya aktivitas balap liar berdasar adanya laporan dari warga setempat yang merasa resah.

"Balap liar kerap kali menutup jalan, sehingga warga pengguna jalan merasa terganggu. Tadi patroli berdasarkan laporan warga. Kemudian kita ke lokasi dan kita lakukan penangkapan," katanya, saat dikonfirmasi, Senin (07/9/2020).

Haris menjelaskan, penggerebekan di lokasi, 66 kendaraan berhasil ditindak. 40 kendaraan ditilang, 26 kendaraan terpaksa diamankan polisi karena tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan.

Baca Juga: Gegara Sisa Pembakaran Kayu, Pabrik Jajanan Tradisional di Jombang Dilahap Si Jago Merah

"Kita tilang 66 kendaraan. Sebanyak 22 tilang STNK, empat tilang SIM, dan 26 kendaraan lainnya kita amankan karena tidak bisa menunjukkan surat-surat. Yang 26 sudah diamankan di Satlantas Polres Jombang," jelasnya. 

Bagi pemilik kendaraan, papar Haris, nanti wajib menunjukkan bukti surat-surat kendaraan, mulai BPKB hingga STNK. Bila pemilik motor tidak bisa menunjukkan, akan dilimpahkan ke Satreskrim Polres Jombang. 

"Mekanisme kita kan penilangan, BB-nya diamankan. Setelah mereka melaksanakan sidang atau bayar tilang, bukti pembayaran tilang disertakan ke kita dengan membawa STNK. Seumpama tidak ada STNK, kita limpahkan ke Reskrim," paparnya. 

Baca Juga: Dinas PUPR Jombang Tambal Jalan Berlubang

Haris menegaskan, bahwa anggotanya akan ditugaskan untuk melakukan patroli rutin di daerah tersebut, karena seringkali digunakan ajang balap liar. "Kita patroli terus, antisipasi balap liar," pungkasnya. suf

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU