Politisi Gerindra Kaitkan Mega, dengan Dukun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 20 Sep 2022 20:22 WIB

Politisi Gerindra Kaitkan Mega, dengan Dukun

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Tak disangka-sangka Wakil Ketua Pembina Partai Gerindra Desmond Junaidi yang dulu dekat dengan Ketua Umum PDIP Megawati, bikin pernyataan klenik. Desmond mengomentari usul Ketum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang meminta agar nomor urut partai politik (parpol) tak diubah untuk Pemilu 2024.

Desmond menilai pendapat Megawati itu didapatkan usai berkonsultasi dengan dukunnya. "Bu Mega itu berpendapat mungkin hasil konsultasi dengan dukun ya? Ya, karena nomor 3 (nomor PDIP di Pemilu 2019) bagus, beliau sampaikan sesuai dengan pesan dukun kan," kelakar Desmond di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (20/9).

Baca Juga: Simpang Siurnya Pernyataan Gibran dan Hasto

Ia melanjutkan candaan itu dengan mengaku akan bertanya pada dukun terkait keberuntungan nomor urut Gerindra pada Pemilu 2019 lalu.

"Ya kita bertanya pada dukun, Bu Mega pada dukun, Gerindra juga dengan dukunnya," imbuh Wakil Ketua Komisi III DPR itu.

 

Penghematan Anggaran

Pasalnya, Desmond menganggap alasan penghematan anggaran tak terlalu signifikan. Sebab, saat ini anggaran sudah disusun dan tinggal diproses di Komisi III DPR. Meski demikian, ia menyebut masih menunggu pendapat jelas pemerintah.

"Kita lihat ya, kan belum jelas pendapat pemerintah. Wawancara saja Kemenkumham, apa maunya pemerintah, nanti kita akan diskusikan apakah sesuai dengan nomor urut atau diundi lagi," papar Desmond.

 

Usulan Megawati

Baca Juga: Megawati Tulis Surat ke MK: Habis Gelap Terbitlah Terang

Sebelumnya, Megawati mengusulkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar nomor urut partai politik peserta Pemilu 2019 tak diubah untuk Pemilu 2024 dan berikutnya.

"Jadi dari pihak PDI Perjuangan, kami mengusulkan kepada KPU untuk melihat kembali, karena ini mengikat dengan masalah perundangan, tapi pengalaman dua kali pemilu, sebenarnya yang namanya tanda gambar itu, nomor itu, sebenarnya saya katakan kepada bapak presiden dan ketua KPU dan Bawaslu, bahwa itu terlalu menjadi beban bagi partai," kata Megawati dalam keterangannya di Seoul, dikutip Sabtu (17/9).

Ide itu pun disambut oleh KPU yang menyatakan bakal membahas usulan soal nomor urut partai tak perlu diubah di Pemilu 2024 dalam rapat internal.

 

PKB Setuju Usulan Mega

Baca Juga: Menantu Jokowi, Nambeng Daftar ke PDIP

Demikian juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Cak Imin, panggilan Muhaimin Iskandar setuju dengan usulan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri soal penomoran partai politik (parpol) di Pemilu 2024 tidak diubah.

Menurutnya, usul tersebut menarik dan bisa membuat irit biaya. "Usulan menarik dan irit karena bendera kita juga masih nomor lama tinggal, tinggal pakai lagi sisa-sisa," kata Cak Imin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/9).

Ia memandang, ada dampak positif jika nomor urut peserta pemilu yang lama tidak diganti. Cak Imin pun meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mempertimbangkan usulan Megawati sebagai hal positif. n erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU