Polres Blitar Kirim Paket Bantuan ke Daerah Banjir, serta Bentuk Team Khusus Pencari Warga yang Terdampak Banjir

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 18 Okt 2022 16:13 WIB

Polres Blitar Kirim Paket Bantuan ke Daerah Banjir, serta Bentuk Team Khusus Pencari Warga yang Terdampak Banjir

i

Petugas membagikan bantuan secara langsung ke masyarakat dibantu relawan. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Polres Blitar mengirimkan sejumlah bantuan paket berupa obat-obatan hingga bahan makanan bagi para warga yang terdampak bencana banjir hingga tanah longsor di Kec. Sutojayan Kabupaten Blitar. Selain itu, Polres Blitar juga mengerahkan personel Brimob, Ditpolairud dan Sat Samapta ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir.

Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom S.IK melalui Kabag Ops Polres Blitar Kompol Mulyanto SH saat pimpin apel Satgas Bantuan Bencana Alam Sutojayan pada Selasa (18/10) pukul 08.00 di Dusun Blimbing Desa Kec Sutojayan, menegaskan bahwa satgas bantuan itu nantinya akan membawa sejumlah bantuan ke lokasi kejadian.

Baca Juga: Apes, Curi Mobil Warga Malah Bonyok Dimassa

"Saya tegaskan Sat Samapta, Brimob dan Satpolairud untuk memimpin perjalanan ini (terbang membawa obat-obatan), sehingga bisa terjangkau kepada masyarakat yang terdampak banjir, juga saya berharap tetap utamakan keselamatan personel dan pastikan semuanya aman dan selamat sampai tujuan," kata Kompol Mulyanto.

Kabag Ops Polres Blitar Kompol Mulyanto menyampaikan, untuk melaksanakan tugas agar memperhatikan SOP yang berlaku dalam penanggulangan bencana. "Tujuan kita adalah membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana banjir," tambah Kompol Mulyanto.

Seperti diketahui menurut laporan dari BPBD Prov Jawa Timur untuk data bencana alam wilayah Kabupaten Blitar yang terdampak banjir sejak Senin (17/10) jumlah total ada lima Kecamatan di Blitar Selatan dengan 13 Desa, jumlah pengungsi di 12 lokasi pengungsian sejumlah 465 jiwa, yang kesemuanya di wilayah hukum Polsek Lodoyo Timur (Lotim).

Baca Juga: Puluhan Sopir Angkot dan Bus di Terminal Kesamben Dites Urine

 

Untuk catatan terakhir dari petugas Posko Bencana di Kec Sutojayan pada hari ini (Selasa 18/10) semula jumlah pengungsi dari sebanyak 465 orang, kini menjadi 150 orang sehingga mengalami penurunan jumlah pengungsi sebanyak 315 orang, karena kembali ke rumah masing masing untuk melihat kondisi rumahnya.

Dan secara umum kondisi kesehatan para pengungsi dalam keadaan sehat, namun ada 4 pengungsi yang berobat ke Posko Kesehatan dengan keluhan meriang dan gatal

Baca Juga: Polres Blitar Ungkap 3 Kasus Street Crime, dengan 9 Tersangka

"Sampai saat ini dapat kami pastikan bahwa masyarakat yang dievakuasi dalam keadaan selamat dan tidak ada korban jiwa," terang  Kabag Ops Polres Blitar.

Untuk kelompok pengungsi dengan kelompok rentan ada 83 jiwa diantaranya, kelompok bayi, balita, anak dan lansia, yang mendapatkan pengawasan tersendiri di 12 pengungsian di wilayah Kec Sutojayan.

Sedang yang terdampak banjir di luar Kec Sutojayan yakni di Kec Binangun ada 20 KK Kec Panggungrejo 17 KK, untuk rumah terdampak banjir di 5 kecamatan ada 1179 unit, ternak kambing 33 ekor hanyut termasuk 1 masjid dan beberapa kandang ternak ayam alami kerusakan. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU