Polres Blitar Kota bersama Forkopimda Gelar Vaksinasi Merdeka Semeru kepada para Difabel

Vaksinasi yang digelar dalam rangka memperingati HUT RI. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Hari ini (Selasa 10/8) Vaksin Merdeka Semeru khusus penyandang Difabel digelar serempak di jajaran Polda Jawa Timur, tak ketinggalan Polres Blitar Kota menggelar Vaksin Merdeka Semeru khusus Difabel di Gedung Graha Patria Kota Blitar.

Menurut Kapolres Blitar Kota AKBP Dr Yudhi Hery Setyawan S.IK M.Si hari ini yang mendapat Vaksin sebanyak 247 penyandang Difabel di seluruh wilayah Kota Blitar.

Kedatangan mereka di jemput oleh anggota Polsek dan Polwan dari setiap Kelurahan sejak pukul 07.00 dengan mobil langsung diantar ke gedung Graha Patria.

"Jadi kita lakukan antar jemput kepada saudara saudara kita penyandang kebutuhan khusus (Difabel) untuk di lakukan Vaksinasi di gedung Graha Patria ini," kata Kapolres Blitar Kota pada wartawan.

Pantauan di lapangan, mereka turun dari mobil mobil penjemput di dampingi oleh keluarganya (1 orang) dengan kendaraan langsung memasuki ruang gedung untuk antre sesuai urut nomor, dengan tertib mereka duduk sambil membawa Bendera Merah Putih kecil yang diberikan petugas Polwan yang mencatat kehadiranya.

"Kami hari ini melakukan serempak Vaksinasi Merdeka Semeru yang digelar oleh Polda Jawa Timur yang dibuka oleh Bu Gubernur melalui Virtual, kali ini kita juga lakukan Vaksinasi para Difabel dari wilayah Kota Blitar, kesemuanya ini salah satu guna menurunkan Level 4 menjadi level 3, karena Kota Blitar masih pada Level 4 dengan perpanjangan PPKM sampai tanggal 16 Agustus, dan ini akan berkelanjutan selain Vaksinasi pada masyarakat umum yang telah kita selenggarakan jauh hari," ungkap Wali kota Blitar Santoso pada Wartawan di dampingi Komandan Kodim 0808 Blitar dan Kapolres Blitar Kota.

Dalam Rakor Forpimda Kota bersama Dinkes/Dinsos Kota Blitar ada sekitar 900 lebih warga Kota Blitar penyandang kebutuhan Khusus, hal itu akan dilaksanakan secara bergiliran dan sesuai rencana sampai hari Sabtu mendatang.

"Kami menyadari saudara saudara kita (Disabilitas) ini punya keterbatasan, karena itu hari ini seluruh jajaran Polres/Polresta di Polda Jawa Timur menginisiasi untuk memfasilitasi vaksinasi mereka,untuk wilayah kota di 3 Kecamatan yang tersebar di 21 Kelurahan terdaftar ada sekitar 900 an para kebutuhan khusus." Papar AKBP Yudhi Hery Setyawan.

Setelah mereka menjalani Vaksin seluruh peserta mendapatkan Bansos berupa beras dan Snack, ada beberapa keunikan saat di vaksin para Difabel yang rata rata usia di atas 40 tahunan ini, ada yang menangis sebelum di suntik Vaksin, setelah di rayu petugas dari Dokkes dan pendampingnya mereka mau di suntik tanpa reaksi.

Sebelum dilakukan vaksin mereka ada yang duduk dan berdiri saat Walikota Blitar, Kapolres Blitar Kota serta Komandan Kodim 0808 Blitar mengajak mereka untuk melambaikan bendera Merah Putih, ada yang tanpa ekspresi dan ada yang bersorak untuk ( di klèbet klèbètkan) Bendera kecil itu di tangannya. Les