Polres Blitar Kota Gelar Sunatan Masal di Kampung Tangguh

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela SH S.IK.MH memberikan santunan uang kepada para peserta khitanan massal untuk digunakan membeli paket data guna belajar daring. SP/Les

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Masih dalam peringatan HUT RI Ke-75, Polres Blitar Kota melakukan Bakti Kesehatan Nasional dengan menggelar khitanan massal pada Selasa (18/8)  di Kampung Tangguh Desa Bacem, Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. 

Peserta Khitanan massal  yang diikuti sekitar 38 anak yang berasal dari Desa Bacem dan warga sekitar, pelaksanaan Sunat massal yang dipimpin Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela SH S.IK.MH, di dampingi para PJU Polres Blitar Kota, turut serta para Pimpinan Muspika Kec Ponggok dan para Tomas dan Toga,  tak ketinggalan para orang tua yang anaknya dikhitan.

"Yaaa rekan rekan memang hari ini Polres Blitar Kota mengadakan khitanan massal yang diikuti sekitar 38 anak dan ini kita bagi dua kelompok, kegiatan ini bagian dari Bhakti Kesehatan Nasional dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke 75, dan kita peruntukan pada warga yang kurang mampu apalagi masih dalam situàsi  pandemi covid-19 ini," ujar Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela kepada wartawan.

Tampak sejak pukul 08.00 puluhan  peserta sunatan massal telah memadati halaman Kampung Tangguh Desa Bacem, Kecamatan Ponggok, yang di dampingi para orang tuanya, tepat pukul 08.20 menit ritual khitanan massal dimulai dengan diiringi doa dari salah satu Tokoh Agama dan sekedar selamatan tumpengan.

"Ini merupakan salah satu motivasi kesehatan bagi masyarakat perlunya dikhitan, dan juga merupakan kewajiban bagi umat Muslim, kegiatan ini yang utama meringankan beban saudara kita di tengah tengah pandemi covid-19," ungkap AKBP Leonard lagi.

Sementara itu Kepala Kantor Kecamatan Ponggok Drs Purwanto mengaku terharu dan memberikan apresiasi pada Polres Blitar Kota yang telah peduli kepada masyarakat Kec Ponggok salah satunya berupa khitanan massal sebanyak 38 anak.

"Sangat terharu dan apresiasi kepada Bapak Kapolres Blitar Kota atas kepeduliannya pada warga masyarakat Ponggok dengan kegiatan sunat masal ini," tutur Purwanto di sela sela menyaksikan proses khitanan.

Dalam Bhakti Kesehatan Polres Blitar kota menerjunkan 3 team Medis dari Polres Blitar Kota dan di bantu dari team kesehatan Puskesmas Ponggok 4 orang.

Seiring pelaksanaan sunat massal, Polres Blitar Kota juga memberi bingkisan sembako serta uang untuk  anak anak peserta khitanan guna pembelian paket data, bertujuan agar  pembelajaran secara daring bisa lancar.

"Benar kita memberikan support kepada anak anak untuk pembelian paket data, untuk suport pada anak anak dalam pembelajaran daring, karena masih dalam kondisi pandemi ini, dan Bhakti Kesehatan Nasional ini akan tetap berlanjut," pungkas AKBP Leonard usainya menyerahkan bantuan. Les