Polres Blitar Kota Kerja Bakti Bersihkan 2 Tempat Bersejarah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 15 Agu 2020 16:43 WIB

Polres Blitar Kota Kerja Bakti Bersihkan 2 Tempat Bersejarah

i

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard bersama istri membersihkan Makam Bung Karno. SP/Les

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke -75, Polres Blitar Kota melakukan kegiatan bhakti sosial dengan membersihkan 2 tempat bersejarah yang sekaligus merupakan ikon Kota Blitar, yaitu Makam  Proklamator RI Bung Karno dan Istana Gebang di Jalan Sultan Agung.

Kegiatan bersih-bersih  diikuti ratusan anggota Polres Blitar Kota pada Sabtu (15/8) pagi yang di pimpin langsung Kapolres Blitar Kota AKBO Leonard M Sinambela SH S.IK MH.

Baca Juga: Polres Blitar Kota Ungap Kasus Prostitusi Online, Amankan 7 Tersangka Salah Satunya Pasutri

Selain bersih-bersih kegiatan tersebut juga dibarengi dengan membagikan ratusan sembako dan beras  sebanyak 1 ton yang diperuntukkan para pejuang veteran dan para tukang becak yang mangkal di sekitar kedua lokasi tersebut.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela menyampaikan dalam menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke -75, pihaknya membersihkan dua ikon Kota Blitar yakni Makam Sang Proklamator RI Bung Karno di Jl. Ir Soekarno dan kediaman keluarga Bung Karno Istana Gebang di Jl. Sultan Agung.

“Karena kedua ikon Kota Blitar ini, merupakan jejak  sejarah perjuangan Kemerdekaan RI, yaitu sang proklamator Bung Karno juga kediamannya ketika tinggal di Blitar,” kata AKBP Leonard.

Dengan mengerahkan sekitar 250 personel, kegiatan tersebut diawali sekitar jam 07.00 WIB, dengan membersihkan seluruh  lingkungan Istana Gebang, mulai dari taman, hingga seluruh bagian dari bangunan bersejarah, yang kini menjadi cagar budaya yang merupakan juga aset negara.

Uniknya ratusan anggota Polres Blitar Kota ini usai dari Istana Gebang menuju Makam BK dengan berlari ber jarak sekitar 2 Km menuju Kawasan Makam Sang Proklamator Bung Karno untuk melakukan aksi bersih-bersih di lanjutkan  membagikan sembako termasuk di kawasan area Parkir Makam Bung Karno.

Baca Juga: Satlantas Polres Blitar Kota Lakukan Survei Pengaturan Arus Lalu Lintas

AKBP Leonard menjelaskan jika selain bersih-bersih, yang memaknai arti semangat perjuangan. Dalam mengisi kemerdekaan RI,  kita ingin meneladani nilai-nilai perjuangan melalui kegiatan membersihkan tempat bersejarah.

“Kemudian setelah kita melakukan kegiatan kerja bhakti, kami turut berbagi pula pada para veteran pejuang kemerdekaan dengan pembagian sembako dan beras juga pada warga masyarakat khususnya saudara saudara kita tukang becak yang hidupnya tergantung di kedua lokasi bersejarah tujuan wisata di Kota Blitar, apa lagi juga akibat  terdampak Pandemi Ini,” jelas orang nomor satu di Polres Blitar Kota ini.

Untuk di ketahui bahwa kedua ikon Kota Blitar yang  bernilai sejarah ini menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Kota Blitar. Bukan hanya wisatawan lokal dan regional yang berkunjung, tapi dari mancanegara juga banyak yang datang ketika sebelum pandemi Covid-19. Bahkan dalam sehari, bisa mencapai lebih dari 10.000 orang.

Baca Juga: Perang Sarung di Blitar Digagalkan, Belasan Remaja Diamankan

 

AKBP Leonard menambahkan bahwa pihaknya juga berharap para generasi penerus, khususnya anggota Polri bisa meneladani semangat peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 75 ini.

"Seperti pesan Bapak Kapolda Jawa Timur berharap seluruh anggota Polri mempunyai dan meneladani nilai nilai  perjuangan dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pungkas Pamen Polri yang menyandang Dan 1 Karateka ini. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU