Polres Blitar Kota Periksa 4 Saksi Atas Temuan Kerangka Manusia di Sebuah Rumah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 22 Nov 2023 17:04 WIB

Polres Blitar Kota Periksa 4 Saksi Atas Temuan Kerangka Manusia di Sebuah Rumah

i

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setyo Pambudi S.IK M.SI saat memberikan keterangan kepada awak media. SP/Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Warga Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar digegerkan atas temuan kerangka manusia di dalam kamar terkunci di sebuah rumah milik Nuhan warga desa setempat pada Selasa (21/11-23) sore sekitar pukul 16.00, temuan itu ditemukan para tukang yang merenovasi rumah tersebut.

Kerangka manusia yang ditemukan terkubur di dalam kamar rumah, saat itu belum diketahui jenis kelaminnya.

Baca Juga: Diduga Mabuk saat Berkendara, Pikap Tabrak 2 Motor dan Bus Pariwisata

Menurut Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setyo Pambudi S.IK M.SI kepada wartawan Rabu (22/11) siang menjelaskan, atas  temuan itu pihaknya masih melakukan pemeriksaan awal sampai tengah malam di TKP, termasuk saksi-saksi warga sekitar rumah temuan kerangka.

"Jadi hasil sementara dari labfor, bahwa kerangka manusia adalah wanita, dan kita masih menunggu hasil lengkapnya dari labfor, untuk memastikan kerangka manusia ini korban pembunuhan atau bukan, untuk penyelidikan kita mengamankan barang barang yang ada di sekitar TKP (bongkaran kerangka)," terang AKBP Danang.

Atas terbongkarnya kerangka manusia dalam kamar yang terkunci, dan pemilik rumah telah menjualnya ke ibu Domiratul Husna, dan selang waktu pemilik rumah yang baru akan merenovasi rumah tersebut yang dulu dihuni oleh pasutri NS dan Fitri. 

Saat renovasi itulah para tukang dan Domiratul memasuki kamar yang terkunci yang ada di belakang rumah, dan setelah dibuka paksa melihat ada lantai yang cor corannya berbeda dengan lantai lainnya, atas kecurigaan itu melapor ke perangkat desa dan diteruskan ke polisi.

"Memang awal mula pemilik rumah yang baru curiga dengan salah satu kamar yang berada di belakang, saat digali plestèrannya, ditemukanlah tengkorak manusia," kata AKBP Danang pada wartawan pada Selasa (21/11) malam di TKP.

Saat ditemukan tengkorak kepalanya masih ada rambut, atas temuan itu dilaporkan ke perangkat desa dan diteruskan  laporkan ke polisi, dan beberapa saat petugas Unit Identifikasi dan Inafis Satreskrim Polres Blitar, termasuk Kapolres Blitar Kota AKBP Danang mendatangi TKP

Baca Juga: Remaja di Kediri Ditemukan Tewas Diduga OD

Selanjutnya pihak Polres Blitar Kota koordinasi dengan Team Forensik RS Bhayangkara Kediri, sekaligus membawa kerangka manusia.

Setelah dilakukan pemeriksaan team Forensik RS Bhayangkara Kediri mengungkapkan ciri-ciri kerangka manusia yang terkubur di dalam rumah di Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Menurut tim dokter kerangka manusia tersebut berjenis kelamin perempuan, ciri-ciri tersebut berhasil diidentifikasi dari tulang belulang dan sisa kulit yang masih melekat.

“Itu kerangka berjenis perempuan, untuk usia masih di bawah 25 tahun,” kata Dr. Tutik Purwanti, Tim Forensik RS Bhayangkara Kediri, Selasa (21/11/23).

Baca Juga: Kapolres Blitar Kota Kunjungi 9 Kecamatan

Sebelumnya Warga Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar digegerkan dengan penemuan tengkorak manusia yang terkubur dalam rumah. Tengkorak manusia tersebut terkubur dengan cor coran semen di dalam ruangan kamar yang terkunci.

Atas kasus tersebut Kapolres Blitar Kota AKBP Danang menjelaskan pada wartawan, guna melengkapi penyelidikan pihaknya masih terus koordinasi dengan Team Forensik.

"Jadi kita akan mendapatkan keterangan dari Forensik secara rinci sesuai bukti bukti hasil Forensik, untuk kerangka sudah di kubur sekitar satu tahun lebih, benar kita memeriksa 4 orang saksi, satu di antaranya masih kita dalami dan kita tahan, nanti kita informasikan lebih mendalam mohon ditunggu yaa rekan rekan," terang AKBP Danang pada wartawan. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU