Home / Peristiwa : Jelang Pilkades Serentak

Polres Blitar Kota Siagakan Ratusan Pasukan Keamanan dan Persiapkan Team Saber Judi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 21 Des 2022 16:31 WIB

Polres Blitar Kota Siagakan Ratusan Pasukan Keamanan dan Persiapkan Team Saber Judi

i

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono Periksa peta rawan Pilkades. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Dengan dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah hukùm Polres Blitar Kota yang akan digelar pada Kamis (22/12) besok, maka Polres Blitar Kota lakukan gelar pasukan pada Rabu (21/12) pagi di halaman Polres Blitar Kota dengan dipimpin langsung oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono SH S.IK M.Si.

Untuk mengamankan jalannya Pilkades Serantak di Kabupaten Blitar, Kamis (22/12/2022) kali ini Polres Blitar Kota menerjunkan ratusan pengamanan dari unsur Polri/TNI dan dibantu Pasukan Linmas.

Baca Juga: Polres Blitar Kota Ungap Kasus Prostitusi Online, Amankan 7 Tersangka Salah Satunya Pasutri

Sedang untuk 5 wilayah Kabupaten Blitar yang di bawah wilayah hukum Polres Blitar ada di lima  kecamatan yakni Kecamatan Udanawu, Kec Srengat, Kec Sanankulon, Nglegok dan Kec Ponggok yang masuk wilayah hukum Polres Blitar Kota.

 

"Untuk mengamankan TPS Pilkades Serentak, kami menerjunkan 299 personil. Selain itu juga di backup jajaran TNI, serta Linmas. Jadi total sekitar 600 personel," kata AKBP Argowiyono, Kapolres Blitar Kota pada wartawan.

Baca Juga: Satlantas Polres Blitar Kota Lakukan Survei Pengaturan Arus Lalu Lintas

AKBP Argo menjelaskan sesuai wilayah hukumnya, personil akan disebar di 5 kecamatan. Yaitu Ponggok, Nglegok, Sanankulon, Srengat, dan Udanawu, dan yang menyelenggarakan Pilkades ada 9 desa.

"Kami sudah melaksanakan pengecekan terkait perlengkapan yang diperlukan. Kami melakukan pola TPS kurang rawan aman," ujarnya.

Baca Juga: Perang Sarung di Blitar Digagalkan, Belasan Remaja Diamankan

AKBP Argo menegaskan masing-masing desa punya potensi rawan. Tapi ada 2 kecamatan yang dilakukan pengawasan lebih, yaitu Srengat dan Nglegok. Di Kecamatan Srengat ada 2 desa yang menyelenggarakan pemilihan, yaitu Wonorejo dan Maron. Sedang di Nglegok ada 1, yakni Desa Bangsri.

"Di daerah itu sebelumnya sudah ada dinamika yang terjadi. Jadi akan dilakukan tim tambahan yaitu team Saber Judi, karena dikhawatirkan ada permainan money politik. Selain itu diterjunkan tim dari jajaran Samapta yang akan patroli mulai hari ini sampai besok," pungkas AKBP Argowiyono. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU