Polres Kediri Resmikan 3 Kampung Tangguh Covid-19

Kapolres Kediri AKBP Lukman saat meresmikan kampung tangguh Covid-19 di wilayah hukumnya. SP/can

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Polres Kediri meresmikan tiga kampung tangguh Covid-19 di wilayah hukumnya. Pembentukan kampung tangguh tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat siap dalam kondisi terburuk menghadapi bencana wabah Covid-19.

Kapolres Kediri, AKBP Lukman mengatakan, ada tiga kampung tangguh di wilayah hukum Polres Kediri. Tiga wilayah yang ditunjuk ini merupakan wilayah terbanyak sebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Kediri.

"Wilayah ini memiliki jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tertinggi di Kabupaten Kediri. Tiga wilayah itu yakni Desa Dukuh Kecamatan Ngadiluwih, Desa Tulungrejo Kecamatan Pare dan Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem," ujarnya usai meresmikan wilayah kampung tangguh, Selasa (26/5/2020).

Menurut AKBP Lukman, bencana Covid-19 saat ini sangat cepat penularannya, sehingga semua orang maupun semua daerah harus bisa secara mandiri melawan wabah tersebut. Lanjut Lukman, pertahanan wilayah sangat berguna untuk menangkal berbagai gangguan dari luar termasuk bencana.

"Hampir semua daerah mengalami bencana dan terkena dampaknya, maka asumsi dasarnya akan terjadi kelangkaan daya dukung dari luar sistem sehingga kelompok terkecil masyarakat harus mampu memiliki kemampuan adaptasi yang baik atau yang memiliki ketangguhan yang tinggi yang akan bertahan," imbuhnya.

Ada tujuh komponen yang disiapkan dalam kampung tangguh tersebut yakni posko pusat informasi, sistem pengamanan kampung, SDM untuk mengevakuasi pasien Covid-19, SDM pemulasaran jenasah Covid-19, penyiapan lokasi pemakaman jenasah Covid-19, tersedianya lumbung pangan, dan tersedianya petugas yang melayani psikologi dan binrohtal.

"Untuk mewujudkan itu, maka diadakan pelatihan warga seperti mengevakuasi penderita covid 19, pelatihan warga untuk pemulasaraan Jenasah Covid 19, mengatur sirkulasi pangan kampung/logistik, serta diadakan simulasi PSBB level kampung/pembatasan orang maupun kendaraan keluar masuk kampung," tegasnya.

Tiga kampung tangguh yang sudah diresmikan ini nantinya akan menjadi role model/percontohan. Selanjutnya Kapolres Kediri memerintahkan Kapolsek yang ada di jajaran Polres Kediri untuk berkoordinasi dengan perangkat desa yang ada dan mempersiapkan kampung tangguh di seluruh kecamatan yang ada di wilayah hukum Polres Kediri. Can