Ponorogo Creative Festival Catat Transaksi Lebih dari Rp250 Juta

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 28 Mei 2023 13:51 WIB

Ponorogo Creative Festival Catat Transaksi Lebih dari Rp250 Juta

i

Event Ponorogo Creative Festival. Foto: Pemkab Ponorogo.

SURABAYAPAGI.COM, Ponorogo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo menggelar event Ponorogo Creative Festival selama 5 hari mulai Selasa (23/5/2023) hingga Sabtu (27/5/2023) Jalan Alun-alun Utara.

Event tersebut menyuguhkan sejumlah penampilan. Mulai dari reog santri, reog obyok, kebo-keboan kiai slamet, barongan blitaran, kuda kepang wonosobo, jaran kepang, jaran thik, gajah-gajahan. Kemudian ada musik akustik, musik band, musik keroncong, dan musik angklung.

Baca Juga: Laka Lantas Mobil Pikap Vs Motor di Ponorogo, 1 Emak-emak Tewas Ditempat

Selain itu, Pemkab Ponorogo juga mendirikan 42 stand di sepanjang venue untuk menampung produk 31 pelaku ekonomi kreatif. Mulai dari kriya, fashion, hingga kuliner.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi mengatakan bahwa acara tersebut bisa menumbuhkan ekonomi kreatif (Ekraf) Ponorogo.

Setidaknyaa ada transaksi keuangan senilai Rp 250 juta dalam kegiatan yang telah digelar untuk tahun kedua kali ini.

"Dari 31 stand ekraf, dan 12 stand kopi hingga hari ke 4 pelaksanaan Ponorogo Kreatif Festival, transaksi keuangan sudah mencapai Rp250 juta. Untuk yang 1 hari terakhir belum dihitung," kata Judha saat dalam penutupan Ponorogo Creative Festival, Sabtu (27/5/2023).

Baca Juga: Dishub Jatim: 3.835 Orang Mudik Gratis, Ponorogo Jadi Tujuan Favorit 

Event Ponorogo Creative Festival ini pertama kali dilakukan memang untuk menumbuhkan spirit ekraf di Kabupaten Ponorogo. Ekraf ke depan bisa menjadi nadi kehidupan ekonomi masyarakat dengan berbasis pertunjukan reog Ponorogo.

Dalam gelaran Ponorogo Creative Festival ini, Pemkab Ponorogo mencoba mengeksplor ekraf dari produk UMKM, kriya, musik, seni pertunjukan yang ada di Ponorogo.

"Kami berharap ekraf bisa menjadi motor penggerak ekonomi di Ponorogo. Ekonomi bisa hidup dari ekraf dan pariwisata," ujarnya.

Baca Juga: Warga Ponorogo Serbu Gerakan Pangan Murah

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menilai, berbagai kegiatan ekraf yang digelar di Kabupaten Ponorogo, tentu bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Adanya Ponorogo Creative Festival diharapkan mampu menumbuhkan ekonomi kota Reog.

“Mari kita buktikan bersama, untuk sering gelar acara yang kreatif seperti ini, agar ekonomi tumbuh cepat. Perdagangan dalam ekraf ini bisa menjadk pemicu dan pelecut pertumbuhan ekonomi kita,” ujar Bupati. pnr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU