Posko Peduli Bencana Erupsi Semeru Didirikan di Balai Kota Surabaya

Posko peduli bencana alam erupsi Gunung Semeru di Balai Kota Surabaya, Senin (6/12/2021). SP/HUMAS PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Bangga Surabaya Peduli membuka posko peduli bencana alam erupsi Gunung Semeru di Balai Kota Surabaya, Senin (6/12/2021).

Posko ini siap menerima dan menyalurkan bantuan dari warga untuk korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Juru Bicara Bangga Surabaya Peduli Hari Cahyono mengaku ikut prihatin dengan musibah erupsi Gunung Semeru yang melanda Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Ia berdoa semoga warga di Lumajang dan Malang itu diberikan kesabaran dan ketabahan. “Dan semoga mereka selalu dilindungi oleh Allah SWT,” kata Hari di sela-sela membuka posko peduli bersama jajaran Pemkot Surabaya.

Oleh karena itu, ia bersama Pemkot Surabaya merasa terpanggil untuk membantu mereka, sehingga dibukalah posko peduli bencana itu. Makanya, ia mengajak kepada masyarakat dan semua elemen masyarakat yang mempunyai rezeki lebih untuk bersedia menyumbangkan sebagian rezekinya itu untuk meringankan beban saudara-saudara yang terkena erupsi Gunung Semeru itu.

“Bagi siapa saja, warga Kota Surabaya dan luar warga Surabaya yang terpanggil dan tergugah hatinya untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah, bisa menyalurkannya melalui posko peduli bencana alam ini. Demi misi kemanusiaan, mari kita ringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah itu,” kata dia.

Ia memastikan bahwa poko peduli bencana alam ini didirikan mulai hari ini hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Makanya, ia mempersilahkan warga untuk menyalurkan bantuannya melalui posko tersebut. Bantuan itu bisa berupa uang atau pun barang. “Silahkan langsung datang ke Balai Kota Surabaya untuk menyalurkan bantuannya, nanti akan didata oleh teman-teman di sini,” ujarnya.

Mantan Kabag Humas Pemkot Surabaya ini juga memastikan bahwa kemarin Pemkot Surabaya sudah mengirimkan bantuan ke lokasi bencana. Sebab, ketika Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengetahui bencana tersebut, ia langsung memerintahkan jajarannya untuk mengirimkan bantuan ke lokasi bencana.

“Bantuan logistik yang sudah pemkot kirimkan adalah mie instan sebanyak 60 dus, biskuit sebanyak 17 dos, dan selimut sebanyak 200 buah,” tegasnya.

Selain itu, pemkot juga mengirimkan 55 personel dan kendaraan berat seperti dua unit truk, satu unit truk dapur umum, dua unit truck water supply, tiga unit truk pemadam, satu unit Skywalker, satu unit Bronto Skylift  44, dan tiga unit Pick up.sb1/na