Potensi Bencana Hidrometeorologi Mojokerto Masih Tinggi, Bupati Imbau Warga Waspada

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 23 Mar 2023 16:33 WIB

Potensi Bencana Hidrometeorologi Mojokerto Masih Tinggi, Bupati Imbau Warga Waspada

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto -  Potensi bencana alam dari fenomena hidrometeorologi di Kabupaten Mojokerto terbilang masih tinggi. Untuk itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meminta masyarakat tetap waspada atas potensi bencana tersebut.

Hal itu dikatakan Bupati saat menyerahkan bantuan sosial kepada warga terdampak angin kencang yang ada di Desa Canggu dan Penompo, Kecamatan Jetis. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati Jumat mengatakan, saat ini tengah memasuki musim waspada terhadap bencana hidrometeorologi.

Baca Juga: Usai Sholat Ied, Bupati Ikfina Serahkan Hibah Renovasi Masjid Rahmat Jatirejo

 “Kami meminta masyarakat untuk selalu waspada dan siaga menghadapi hal tersebut,” katanya di sela penyerahan bantuan di Balai Desa Canggu.

Ia mengatakan, saat ini berada di bulan-bulan ada kewaspadaan terhadap bencana hidrometeorologi, termasuk angin puting beliung. “Kalau angin puting beliung ini memang sulit untuk diantisipasi, karena memang tidak tentu titiknya,” ucapnya.

Dalam penanganan bencana, Bupati Ikfina menyampaikan, pemerintah diizinkan untuk menggunakan anggaran dalam rangka penanganan kebencanaan dan ada sejumlah proses yang memang harus dilalui.

Baca Juga: Raih Suara Terbanyak, PKB Kabupaten Mojokerto Siap Usung Kader Terbaik di Pilbup 2024

 “Terkait bencana, kami diizinkan untuk mengambil dana untuk bantuan tidak terduga, sehingga ada prosedur yang harus diikuti dan dilalui, dicek lapangan, kemudian datanya diserahkan ke saya, melewati pengecekan ke inspektorat, itu harus dilalui semua. Sehingga, kami mohon maaf kalau bantuan ini diserahkannya sedikit agak lama,” tuturnya.

Mekanisme tersebut, lanjut Ikfina, telah ditetapkan sesuai aturan negara yang bertujuan untuk mencegah adanya korupsi anggaran. “Agar tidak ada korupsi di sini. Ini yang tidak diinginkan oleh negara. Proses ini harus bertahap sesuai proses. Sehingga, ini benar-benar real, tidak mengada-ada, karena ini sudah melalui perhitungan,” ucapnya.

Baca Juga: Perkokoh Sinergitas, Pemkab Mojokerto Gelar Buka Puasa Bersama Ratusan Ulama dan Umaro

Dengan diserahkannya bantuan sosial ini, Bupati Ikfina berharap, bantuan sosial ini bisa bermanfaat untuk masyarakat yang sudah terdampak angin kencang. “Semoga bantuan ini bermanfaat, kalau memang sudah ada yang diperbaiki kerusakannya, bantuan ini tetap kami berikan karena memang ini hak anda semua,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Yo’i Afrida menyampaikan, kejadian angin kencang ini terjadi pada 4 Januari 2023 lalu. “Sesuai dengan petunjuk, bantuan ini baru bisa kami serahkan hari ini. Penerima bantuan dari Desa Penompo ada tiga penerima, dan yang dari Desa Canggu ada 11 orang,” ucapnya. Dwy

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU