PPKM Level 3, Tempat Wisata di Batu Belum Boleh Buka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 02 Sep 2021 17:52 WIB

PPKM Level 3, Tempat Wisata di Batu Belum Boleh Buka

i

Tempat wisata di Batu ditutup selama PPKM, namun kini meski sudah PPKM level 3, tempat wisata masih belum diizinkan buka.

SURABAYAPAGI.COM, Batu - Sejumlah tempat wisata di beberapa wilayah mulai diizinkan buka. Namun, tempat wisata di kota Batu hingga kini belum diizinkan untuk beroperasi meskipun saat ini tengah memberlakukan PPKM Level 3.

Baca Juga: Dishub Surabaya Antisipasi Kepadatan Tempat Wisata

Dikutip dari Surat Edaran Wali Kota Batu Nomor 440/10/SE/422/104/2021 Tentang PPKM Level 3 COVID-19 di Kota Batu, Kamis, disebutkan bahwa berbagai fasilitas umum termasuk tempat wisata, ditutup sementara.

"Fasilitas umum, seperti area publik, taman umum, tempat wisata umum, dan area publik lainnya, ditutup sementara," demikian kutipan dari Surat Edaran yang ditandatangani Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko tersebut.

Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Sujud Hariadi, saat dikonfirmasi terkait hal tersebut mengatakan bahwa saat ini para pelaku usaha sektor pariwisata berharap level PPKM di Kota Batu bisa segera turun ke level 2, agar sektor wisata kembali beroperasi.

"Kami berharap bisa segera turun ke Level 2, agar sektor wisata bisa dibuka kembali. Kami sudah siap," kata Sujud, Kamis (2/9).

Sujud menjelaskan pihaknya siap untuk menerapkan Cleanliness, Health, Safety, and Environtment Sustainability (CHSE) jika tempat wisata di Kota Batu diperbolehkan untuk beroperasi.

CHSE merupakan standar yang diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berbasis kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian lingkungan) bagi para pelaku pariwisata yang ada di Indonesia.

"Kami bersyukur Kota Batu sudah masul level 3 PPKM, namun, ini masih belum cukup untuk operasional taman rekreasi, atau destinasi wisata," katanya.

Selain belum memperbolehkan kawasan wisata untuk beroperasi, dalam surat edaran itu, beberapa kegiatan masyarakat termasuk olahraga yang dapat menimbulkan kerumunan juga belum diizinkan untuk dilakukan. Namun, ada beberapa pengecualian.

Kegiatan olahraga yang dilakukan pada ruang terbuka, dan diikuti maksimal empat orang, dan tidak melibatkan kontak fisik, atau interaksi jarak dekat, diperbolehkan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Namun, kegiatan serupa yang dilakukan di ruang tertutup, masih belum diperbolehkan. Fasilitas olahraga ruang terbuka, diizinkan untuk beroperasi dengan jumlah maksimal 50 persen dari kapasitas maksimal.

Sementara itu, pada masa PPKM Level 3 di wilayah Kota Batu tersebut, sejumlah sektor telah diperbolehkan untuk beroperasi, seperti kegiatan pada pusat-pusat perbelanjaan, atau pusat perdagangan, dengan sejumlah ketentuan. 

Baca Juga: Libur Lebaran, Pemkot Batu Target 1 Juta Kunjungan Wisatawan

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU