Presiden Jokowi Kagumi Hasil Karya UMKM Binaan Pemkot Pasuruan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 24 Mar 2022 16:09 WIB

Presiden Jokowi Kagumi Hasil Karya UMKM Binaan Pemkot Pasuruan

i

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi stand Dekranasda Kota Pasuruan di Jakarta Convention Centre (JCC). SP/Ris

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Pasuruan Kota Madinah. Stand Dekranasda Kota Pasuruan menjadi salah satu stand yang dikunjungi oleh Presiden RI Joko Widodo saat pameran Jakarta Internasional Handycraft Trade Fair (INACRAFT 2022) yang merupakan pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara, digelar 23-27 Maret 2022 di Jakarta Convention Centre (JCC).

Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) turut serta dalam pameran ini untuk memperkenalkan produk dari para perajin dan UMKM Kota Pasuruan kepada masyarakat Yang menarik bagi Presiden Joko Widodo dari Stand Kota Pasuruan adalah Celengan Karakter (Cakar) kerajinan dari Lapas Pasuruan.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Ketua Dekranasda Kota Pasuruan Fatma Saifullah Yusuf merasa beruntung karena stand Kota Pasuruan dapat dikunjungi oleh Presiden.

"Ketika lewat di stand Kota Pasuruan, saya langsung menyapa dan memperkenalkan diri, alhamdulillah Presiden langsung berkenan meninjau meja paling ujung stand Kota Pasuruan dan melihat celengan karakter buatan teman-teman lapas atau warga binaan masyarakat," ujar Fatma yang juga Ketua Dekranasda Kota Pasuruan, Rabu (23/3).

Fatma mengatakan pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menanyakan bahan celengan tersebut. Lantas Fatma menjelaskan bahwa bahan celengan tersebut dari kertas koran bekas yang dilinting rapi, di lem, digambar, di cat sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga: Rabu Pon Bagi Jokowi dan Orang Muslim

"Saya juga sempat meminta maaf, karena tidak sempat menampilkan atau membuat gambar atau wajah Bapak Presiden di celengan tersebut, yaah semoga kelak ada kesempatan membuatkan dan memberikan kepada beliau, buat kenang-kenangan dari Kota Pasuruan apalagi yang membuat adalah teman-teman warga binaan yang memiliki passion dan kreativitas luar biasa ini," ujar istri Wali Kota Pasuruan Gus Ipul itu.

Fatma berharap dengan dikunjunginya stand Kota Pasuruan di ajang bergengsi ini, Presiden dapat lebih mengetahui produk perajin dan UMKM Kota Pasuruan. Lanjut dia, semoga ekonomi kreatif di Indonesia ini bangkit kembali, masyarakat semakin mencintai produk dalam negeri.

Baca Juga: Lia Istifhama: War Takjil Menjadi Momen Tepat Support UMKM

Pameran kerajinan terbesar se-Asia Tenggara ini diikuti oleh kurang lebih 722 peserta yang terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan BUMN serta 150 toko secara daring.

Alhamdulillah Bapak Presiden berkenan melihat stand kami, meskipun hanya sebentar saja, itu sudah sangat menyemangati kami dan tentu saja para perajin. Saya berharap pada pameran Inacraft 2022 ini Presiden dan juga masyarakat di seluruh Indonesia akan lebih mengenal atau mengetahui produk yang dihasilkan dari para perajin Kota Pasuruan," kata founder Fatma Foundation itu mengakhiri. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU